Afghanistan Tuding Iran Dukung Taliban

Senin, 21 November 2016 - 17:25 WIB
Afghanistan Tuding Iran Dukung Taliban
Afghanistan Tuding Iran Dukung Taliban
A A A
KABUL - Militer Afghanistan menuding Iran telah memberikan dukungan kepada Taliban. Menurut militer Afghanistan, Iran memberikan bantuan logisitik dan persenjataan kepada kelompok yang juga beroperasi di Pakistan itu.
Seorang pejabat militer Afghanistan mengatakan, selain memberikan senjata, Iran juga memberikan pelatihan kepada anggata Taliban. Pelatihan itu dilakukan di dalam negeri Iran.
Sementara itu, seorang mantan pejabat Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengatakan kepada saluran media Jerman Deutsche Welle, Iran mulai terbuka mengenai dukungan mereka terhadap Taliban.
"Ini adalah pertama kalinya Iran telah mengaku mendukung Taliban. Di masa lalu, mereka selalu menyalahkan Pakistan untuk ini," kata pejabat itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (21/11).
Akhir bulan Oktober, seorang pemimpin Taliban dalam sebuah wawancara dengan media Arab Saudi mengungkapkan rincian hubungan kelompoknya dengan Iran.
"Gerakan ini berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari semua cara yang sah untuk mencapai kesepakatan regional sebagai bagian dari perang melawan invasi Amerika. Oleh karena itu, Imara memiliki jaringan dengan sejumlah besar negara-negara regional dan tetangga," katanya pada saat itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4673 seconds (0.1#10.140)