Hancurkan Pengepungan, Pemberontak Suriah Luncurkan Serangan Balik

Sabtu, 29 Oktober 2016 - 01:18 WIB
Hancurkan Pengepungan, Pemberontak Suriah Luncurkan Serangan Balik
Hancurkan Pengepungan, Pemberontak Suriah Luncurkan Serangan Balik
A A A
DAMASKUS - Pemberontak Suriah melancarkan serangan untuk mematahkan pengepungan yang telah berlangsung selama berminggu-minggu du Aleppo timur. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak pemberontak Suriah.

Serangan macam serangan bersenjata hingga bom bunuh diri menggunakan mobil difokuskan pada tepi barat kota oleh pemberontak Suriah yang berbasis di pedesaan di luar Aleppo. Serangan balik ini juga dilakukan oleh Jabhat Fateh al-Sham, kelompok afiliasi Al-Qaeda yang sebelumnya dikenal sebagai Front al-Nusra, dan kelompok pejuang yang bergabung dalam Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Akibat serangan balik tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia meminta izin kepada Presiden Vladimir Putin untuk melanjutkan serangan udara terhadap gerilyawan setelah berhenti selama 10 hari. Namun juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengungkapkan Putin mengatakan tidak perlu melanjutkan serangan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/10/2016).

Aleppo menjadi teater utama konflik antara Presiden Bashar al-Assad, yang didukung Iran, Rusia dan milisi Syiah, melawan kelompok pemberontak termasuk diantaranya mendapat dukungan dari Turki, negara-negara monarki di Teluk, dan Amerika Serikat (AS).

Kota ini telah terbagi selama bertahun-tahun di mana sebelah barat dikuasai pemerintah Suriah dan di sebelah timur di kuasai kelompok pemberontak. Saat ini, wilayah timur berada di bawah kepungan tentara pemerintah dan sekutunya sejak musim panas ini. Pasukan pemerintah sendiri telah meluncurkan aksi ofensif terbaru pada bulan September yang menurut petugas medis telah menewaskan ratusan orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4867 seconds (0.1#10.140)