AS dan Korsel Latihan Serangan Bedah terhadap Nuklir Korut

Kamis, 27 Oktober 2016 - 13:13 WIB
AS dan Korsel Latihan Serangan Bedah terhadap Nuklir Korut
AS dan Korsel Latihan Serangan Bedah terhadap Nuklir Korut
A A A
SEOUL - Pasukan Khusus Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menggelar latihan perang gabungan untuk melakukan “Surgical Strikes” (serangan bedah) terhadap fasilitas nuklir dan rudal Korea Utara (Korut). Latihan gabungan itu diungkap pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, Kamis (27/10/2016).

”Kelompok Operasi Khusus Angkatan Udara AS 353 melakukan latihan gabungan untuk melawan fasilitas musuh dengan Brigade Pasukan Khusus Korsel di sebuah pangkalan militer di Gunsan (274 kilometer selatan Seoul),” kata seorang pejabat pertahanan Korsel kepada kantor berita Yonhap.

Pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu, mengatakan latihan perang gabungan itu bertajuk “Teak Knife”. Dalam latihan ini, kedua militer difokuskan pada pengiriman pasukan khusus ke Korut melalui pesawat dalam kasus pecahnya konflik di Semenanjung Korea.

Latihan perang “Teak Knife” sudah rutin digelar militer kedua negara sejak tahun 1990-an, namun jarang diungkap ke publik.

Pejabat Kementerian Pertahanan Korsel itu menambahkan, informasi latihan perang gabungan ini dipublikasikan karena ketegangan di Semenanjung Korea dan di wilayah Asia-Pasifik sudah meningkat, terutama sejak Korut gencar mengembangkan senjata nuklir dan rudal.

Korut di bawah kepemimpinan diktator muda Kim Jong-un sudah lima kali menguji coba senjata nulklir. Uji coba senjata nuklir terbaru berlangsung bulan September 2016 lalu.

Sedangkan uji coba senjata nuklir yang menggemparkan pernah dilakukan rezim Pyongyang awal Januari 2016 lalu, di mana Korut mengklaim berhasil menguji coba miniatur bom hidrogen.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)