Peres Meninggal, Baru Dua Pemimpin Arab Ini yang Berduka

Kamis, 29 September 2016 - 08:23 WIB
Peres Meninggal, Baru Dua Pemimpin Arab Ini yang Berduka
Peres Meninggal, Baru Dua Pemimpin Arab Ini yang Berduka
A A A
YERUSALEM - Bekas Presiden Israel, Shimon Peres, meninggal kemarin. Dari seluruh pemimpin Arab, baru Presiden Otoritas Palestina; Mahmoud Abbas, dan Presiden Mesir; Abdel Fattah el-Sisi, yang menyatakan ikut berduka.

Meski demikian, tidak ada satu pun pemimpin Arab yang mengindikasikan untuk hadir dalam pemakaman Peres. Sikap berbeda ditunjukkan para pemimpin Barat, terutama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, yang memimpin delegasi AS menghadiri pemakaman mantan pemimpin Israel ini.

El-Sisi dilaporkan memilih mengirim menteri luar negerinya ke pemakaman Peres yang akan digelar pada hari Jumat (30/9/2016) besok. Tapi, Raja Yordania; Abdullah II, belum mengomentari perihal meninggalnya Peres. Sikap bungkam juga ditunjukkan para pemimpin Arab lainnya.

Baca juga:
Peres Meninggal, Media-media Arab Menjulukinya Penjahat Perang


Arad Nir, komentator urusan luar negeri untuk Channel 2 TV, mengatakan, akan “sangat sedih” jika orang-orang yang bernegosiasi dengan Peres tidak menghadiri pemakamannya. "Ini menempatkan tanda tanya pada visi Shimon Peres, misi hidupnya: Perdamaian,” katanya.

Kantor berita Palestina, Wafa melaporkan pada Rabu sore, bahwa Abbas telah mengirimkan ucapan belasungkawa kepada keluarga Peres.

“Abbas menyatakan kesedihan dan dukanya,” tulis media Palestina itu. ”Peres adalah partner dalam membuat perdamaian yang berani dengan martir Yasser Arafat dan Perdana Menteri (Yitzhak) Rabin,” lanjut laporan itu mengutip pernyataan Abbas.

“Peres melakukan upaya tak henti-hentinya untuk mencapai perdamaian abadi dari perjanjian Oslo sampai saat-saat terakhir hidupnya,” puji Abbas.

Meski ikut berduka, kantor Abbas tidak mengkonfirmasi perihal kesediaan Abbas untuk menghadiri pemakaman Peres.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5546 seconds (0.1#10.140)