Gelar Pertemuan Darurat di DK PBB, AS Sebut Rusia Sok Jago

Minggu, 18 September 2016 - 12:56 WIB
Gelar Pertemuan Darurat di DK PBB, AS Sebut Rusia Sok Jago
Gelar Pertemuan Darurat di DK PBB, AS Sebut Rusia Sok Jago
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) menyebut Rusia sebagai negara sok jago, karena telah menggelar pertemuan darurat di Dewan Keamanan (DK) PBB. Pertemuan itu untuk membahas serangan yang dilancarkan oleh AS terhadap pasukan Suriah di Deri al-Zor.
Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, mengatakan Washington sedang menyelidiki serangan udara dan jika memang pihaknya memang benar-benar menyerang pasukan Suriah, maka AS dengan sepenuh hati akan memina maaf, dan sangat menyesali aksi tersebut.
Dia mengatakan, keputusan Rusia untuk mengadakan pertemuan darurat DK PBB sebagai tindakan sinis dan munafik, karena Moskow belum pernah menyatakan kemarahan tersebut pada pembunuhan warga sipil oleh pasukan pemerintah Suriah selama lebih dari lima tahun konflik.
"Rusia benar-benar perlu menghentikan tindakan sok jago, pura-pura dan fokus pada apa yang penting, yang merupakan implementasi dari sesuatu yang kita negosiasikan dengan itikad baik dengan mereka," ucap Samantha, seperti dilansir Guardian pada Minggu (18/9).
Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin dilaporkan melakukan aksi walk out dari pertemuan darurat Dewan Keamanan (DK) PBB. Churkin mengatakan, pertemuan yang diniisiasi oleh pihaknya tampaknya telah sepenuhnya diatur oleh AS.
Churkin mengatakan, Samantha secara terangan-terangan menyatakan kepada dirinya, bahwa dia tidak tertarik dengan semua argumen Churkin, dan menyebut pertemuan ini hanya pertemuan pura-pura.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7640 seconds (0.1#10.140)
pixels