Pentagon Mengaku Belum Tahu Pasukan Suriah Mulai Mundur

Jum'at, 16 September 2016 - 07:11 WIB
Pentagon Mengaku Belum Tahu Pasukan Suriah Mulai Mundur
Pentagon Mengaku Belum Tahu Pasukan Suriah Mulai Mundur
A A A
WASHINGTON - Juru bicara Pentagon, Peter Cook mengatakan, ia tidak memiliki laporan intelijen atau fakta yang menunjukkan tentara Suriah telah mulai menarik diri dari Jalan Castello, jalan strategis di Aleppo. Penarikan mundur itu diperlukan untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Aleppo timur.

Cook membuat pernyataan itu dalam jumpa pers tak lama setelah seorang jenderal Rusia mengatakan tentara Suriah telah memulai penarikan bertahap pasukan dan kendaraannya dari Jalan Castello. Wilayah timur Aleppo merupakan daerah yang diblokade oleh pasukan pemerintah seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/9/2016).

Sebuah sumber militer mengatakan tentara Suriah mulai menarik diri dari jalan raya Castello yang strategis di provinsi utara Aleppo pada hari Kamis. Penarikan ini akan terus dilakukan sampai konvoi kemanusiaan PBB memasuki wilayah yang dikuasai pemberontak.

"Persenjataan berat militer dan kendaraan sudah mulai menarik diri, dengan sejumlah kecil tentara pergi menarik diri sampai posisi tentara Suriah di sana sepenuhnya diserahkan kepada pasukan Rusia," kata sumber itu tanpa menyebutkan namanya.

Bulan Sabit Merah Suriah juga akan menggunakan sejumlah jalan raya, yang dikuasai oleh tentara Suriah dari tangan pemberontak dua bulan lalu, untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7386 seconds (0.1#10.140)