Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Distrik Kunduz dari Taliban

Senin, 22 Agustus 2016 - 04:23 WIB
Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Distrik Kunduz dari Taliban
Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Distrik Kunduz dari Taliban
A A A
KABUL - Pasukan pemerintah Afghanistan telah merebut sebuah distrik kunci di provinsi utara Kunduz dari Taliban. Demikian pernyataan gubernur provinsi Kunduz.

Pengumuman Asadullah Omarkhek ini datang hanya beberapa jam setelah kabupaten Khan Abad berhasi dikuasai oleh pejuang Taliban. Tapi sumber-sumber lokal mengatakan bahwa para pejuang Taliban masih berada di dekat distrik tersebut.

"Pasukan pemerintah baru tiba bertujuan untuk membuka ruas jalan ke kota Kunduz," kata gubernur seperti dikutip dari BBC, Senin (22/8/2016).

Saluran berita independen Afghanistan, Tolo TV, juga melaporkan bahwa pasukan pemerintah telah merebut kembali Khan Abad, yaitu sekitar 30km (19 mil) timur dari Kunduz.

Baca juga:
Taliban Rebut Distrik Khan Abad di Provinsi Kunduz


Sebelumnya pada akhir pekan lalu Taliban menyerang dari beberapa arah, memaksa pasukan pemerintah mundur ke kota Kunduz, yang sempat jatuh ke Taliban tahun lalu.

Kunduz adalah salah satu kota terbesar di Afghanistan dan telah lama menjadi pusat transportasi strategis penting bagi utara negara itu. Kota ini selalu memegang makna simbolis untuk Taliban karena merupakan benteng utama kelompok itu di bagian utara sebelum akhirnya mereka berhasil diusir pada 2001.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3566 seconds (0.1#10.140)