Jasad Tentara Australia di Perang Vietnam Dipulangkan setelah 5 Dekade

Kamis, 02 Juni 2016 - 17:52 WIB
Jasad Tentara Australia di Perang Vietnam Dipulangkan setelah 5 Dekade
Jasad Tentara Australia di Perang Vietnam Dipulangkan setelah 5 Dekade
A A A
SYDNEY - Sisa-sisa dari jasad 33 tentara Australia dalam Perang Vietnam dipulangkan. Sebelumnya, jasad para tentara Australia itu dimakamkan di Malaysia dan Singapura.

Jasad para tentara Australia diterbangkan ke lapangan terbang militer sekitar 40 km (24,85 mil) sebelah barat dari Sydney dengan dua pesawat transport militer, C-17.

Jasad tentara-tentara itu disambut sekitar 100 anggota keluarga, veteran dan pejabat, termasuk Menteri Pertahanan Australia; Marise Payne dan Gubernur Jenderal Peter Cosgrove, seorang veteran Perang Vietnam.

Pemerintah Australia tahun lalu mengumumkan bahwa mereka akan mendanai program repatriasi bagi para prajurit yang tewas dalam Perang Vietnam menyusul tekanan dari keluarga dan petisi publik yang menarik lebih dari 40.000 tanda tangan.

Bagi anggota keluarga dan veteran yang hadir, itu adalah momen pahit setelah lebih dari 50 tahun.

”Ketika saya melihat asap dari roda hidung pesawat kedua saya pikir mereka berada di rumah (dalam negeri)," kata veteran Perang Vietnam, Letnan Kolonel Ian Henderson kepada Australian Broadcasting Corporation, Kamis (2/6/2016).

”Tentara berusaha keras untuk menemukan orang-orang yang telah hilang dalam misi, kerja keras untuk menemukan tubuh mereka beberapa tahun yang lalu. Ini benar bahwa ini harus terjadi dan membawa mereka kembali,” ujarnya.

Lebih dari 60.000 warga Australia bertugas di Vietnam antara tahun 1962 dan 1972. Lebih dari 500 warga Australia tewas selama perang antara Pemerintah Komunis Soviet yang mendukung Vietnam Utara dan rezim Vietnam Selatan yang didukung AS dan sekutunya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)