Muslim Turki Tuntut Izin Beribadah di Hagia Sophia

Minggu, 29 Mei 2016 - 22:01 WIB
Muslim Turki Tuntut Izin Beribadah di Hagia Sophia
Muslim Turki Tuntut Izin Beribadah di Hagia Sophia
A A A
ISTANBUL - Ribuan umat Muslim Turki turun ke jalan menuntut agar diizinkan untuk beribadah di Hagia Sophia, bangunan bersejarah di Istanbul yang dahulunya sebuah masjid.

Seorang imam memimpin doa di depan gedung besar yang dahulunya adalah basilika Ortodoks Yunani, masjid, dan kini sekarang berubah menjadi museum, sebelum ribuan orang menuntutnya kembali menjadi masjid.

"Biarkan rantai beristirahat, buka Hagia Sophia," teriak pada demonstran yang berkumpul di alun-alun depan Hagia Sophia seperti dikutip Middle East Online dari kantor berita Turki, Dogan, Minggu (29/5/2016).

"Atas nama ribuan saudara-saudara kita yang menuntut agar diizinkan untuk berdoa di dalam masjid Hagia Sophia," kata Presiden Asosiasi Pemuda Anatolia, Salih Turhan, yang menjadi inisiator demonstrasi bertepatan dengan perayaan ulang tahun penaklukan Konstatinopel.

Dibangun pada abad keenam, Hagia Sophia, yang berarti Kebijaksanaan Suci dalam bahasa Yunani, dikonversi ke sebuah masjid pada tahun 1453 ketika Ottoman menaklukkan Konstantinopel. Setelah Kekaisaran Ottoman runtuh dan modern sekuler Turki berdiri di atas reruntuhannya, masjid ini diubah menjadi museum pada tahun 1935.

Sejak Presiden Recep Tayyip Erdogan yang berasal dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) berkuasa pada tahun 2002, para pendukung sekularisme Turki telah takut bahwa Hagia Sophia bisa diubah kembali menjadi masjid.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4999 seconds (0.1#10.140)