Militer Irak Mulai Lancarkan Operasi Pembebasan Fallujah

Sabtu, 28 Mei 2016 - 22:41 WIB
Militer Irak Mulai Lancarkan Operasi Pembebasan Fallujah
Militer Irak Mulai Lancarkan Operasi Pembebasan Fallujah
A A A
BAGHDAD - Tentara Irak menyatakan telah melakukan operasi awal untuk membebaskan pusat kota Fallujah dari tangan ISIS. Operasi dilakukan setelah pasukan paramiliter menarik diri dari distrik timur Fallujah untuk kemudian diserahkan kepada militer Irak.

Kepala operasi Fallujah, Letnan Komandan Abdulwahab al-Saadi mengatakan, keputusan itu datang setelah ada perintah dari Jenderal Komando Angkatan Bersenjata Irak seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (28/5/2016).

Pasukan paramiliter adalah pasukan Syiah yang tergabung dalam Popular Mobilization Forces (PMF) atau pasukan al-Hashd al-Shaabi dalam bahasa Arab. Mereka terdiri dari kelompok-kelompok bersenjata dan relawan bersenjata kelompok Syiah. Mereka mengikuti seruan pemimpin spiritual Syiah Irak, Ayatollah Ali al -Sistani, yang meminta rakyat Irak untuk memerangi ISIS.

Pada hari Kamis lalu, kepala Komando Operasi Baghdad Letnan Abdulamir al-Shimari mengatakan Gourma telah berada di bawah kendali Irak. Dia mengatakan bendera Irak telah dikibarkan dan puluhan militan ISIS tewas .

Pasukan Irak melancarkan operasi untuk merebut kembali Fallujah, yang terletak hanya 50 kilometer sebelah barat Baghdad. Kota ini menjadi kota pertama di Irak yang dikuasai oleh ISIS saat kelompok ini muncul di negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4227 seconds (0.1#10.140)