Pembukaan Masjid Baru di Guinea Ricuh, 59 Terluka

Sabtu, 28 Mei 2016 - 21:57 WIB
Pembukaan Masjid Baru di Guinea Ricuh, 59 Terluka
Pembukaan Masjid Baru di Guinea Ricuh, 59 Terluka
A A A
CONAKRY - Setidaknya 59 orang terluka di Guinea ketika sejumlah pemuda terlibat bentrokan degan pihak kepolisian saat pembukaan masjid baru di kota Timbo.

Bentrokan dipicu kegeraman para pemuda yang ditahan oleh pihak keamanan ketika ingin keluar masjid agar bisa memberikan jalan bagi pejabat lokal untuk meninggalkan masjid. Kesal dengan tindakan aparat, para pemuda itu kemudian marah dan melemparkan batu. Aksi ini dibalas oleh polisi dengan tembakan gas air mata dan memukul mundur para pemuda.

"Ada bentrokan besar antara polisi dan para pemuda dan asap gas air mata. Saya melihat wanita tua terhempas akibat gelombang kerumunan. Insiden itu menimbulkan luka seirus," ujar seorang saksi mata dikutip dari Reuters, Sabtu (28/5/2016).

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Daeraah di Mamou mengatakan, 59 orang dirawat di rumah sakit setelah insiden tersebut di Timbo yang berjarak sekitar 260 km timur laut dari ibukota Conakry.

Sekedar informasi, sekitar 85 persen dari populasi Guinea adalah penganut Islam dan Timbo merupakan pusat pembelajaran Islam serta ibukota cabang Foutah Islam di Guinea.

Kota ini juga merupakan kubu oposisi politik untuk Presiden Alpha Conde, meskipun saksi mata mengatakan bentrokan itu tidak langsung terhubung ke politik nasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3327 seconds (0.1#10.140)