Korut Diduga Jadi Dalang Perampokan Bank Internasional

Sabtu, 28 Mei 2016 - 21:36 WIB
Korut Diduga Jadi Dalang Perampokan Bank Internasional
Korut Diduga Jadi Dalang Perampokan Bank Internasional
A A A
CALIFORNIA - Perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Symantec mengaku memiliki bukti bahwa pelaku yang mencuri uang atau berusaha melakukannya di bank yang ada di Filipina, Vietnam dan Bangladesh menggunakan potongan kode yang sama dengan peretas Sony Pictures.

Kode yang sama juga dipakai dalam serangkaian serangan terhadap bank dan perusahaan media di Korea Selatan pada tahun 2013 lalu. Washington dan Seoul menuding Korea Utara (Korut) menjadi dalang peristiwa itu, meski keduanya tidak memberikan verifikasi independen pada saat itu.

"Jika Anda yakin Korut berada di balik serangan terhadap Sony, maka serangan terhadap bank juga dilakukan oleh Korut," kata ahli keamanan komputer, Eric Chien, seperti dikutip dari Independen, Sabtu (28/5/2016).

Menurut Symantec, peretas berhasil mencuri lebih dari USD81 juta dari bank sentral Bangladesh pada bulan Februari tahun ini dan gagal mencuri USD 1juta dari Tien Phong Bank di Vietnam pada bulan Desember tahun lalu.

"Kami belum pernah melihat serangan dimana sebuah negara bangsa telah kehilangan dan mencuri uang. Ini adalah yang pertama," kata Chien saat diwawancara oleh New York Times.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4823 seconds (0.1#10.140)