Ukraina: Aksi Rusia Bisa Sebabkan Tragedi Chernobyl Jilid 2

Senin, 25 April 2016 - 18:21 WIB
Ukraina: Aksi Rusia Bisa Sebabkan Tragedi Chernobyl Jilid 2
Ukraina: Aksi Rusia Bisa Sebabkan Tragedi Chernobyl Jilid 2
A A A
JAKARTA - Pemerintah Ukraina menilai aksi yang dilakukan oleh Rusia di kawasan timur Ukraina dapat menyebabkan tragedi sejenis tragedi Chernobyl. Alasannya, kawasan Ukraina timur adalah kawasan industri, dengan puluhan pabrik kimia di dalamnya.

"Harus dijelaskan bahwa agresi militer Federasi Rusia saat ini di wilayah timur Ukraina, daerah dengan banyak tempat industri, dapat menyebabkan bencana ekologis lain yang berpotensi sama besar seperti yang terjadi di Chernobyl," bunyi keterangan pers Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta yang diterima Sindonews pada Senin (25/4).

"Di masa-masa kritis ini Ukraina membutuhkan dukungan internasional, tidak hanya dalam menyelesaikan isu-isu kompleks sehubungan dengan bencana Chornobyl, tetapi juga sehubungan dengan tantangan ekologis yang disebabkan oleh agresi militer Rusia," sambungnya.

Terkait Chernobyl, Kiev sendiri saat ini dilaporkan tengah berusaha untuk membersihkan daerah tersebut dari radiasi yang ada. Seperti diketahui, Chernobyl merupakan kota dengan radiasi tertinggi di seluruh dunia saat ini.

Hal ini disebabkan oleh meledaknya reaktor nomor empat dari pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, yang terletak sekitar 100 kilometer sebelah selatan ibukota Ukraina tanggal 26 April 1986 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3236 seconds (0.1#10.140)