Pesan Dalam Botol Tertua Ditemukan di Jerman

Sabtu, 23 April 2016 - 20:14 WIB
Pesan Dalam Botol Tertua Ditemukan di Jerman
Pesan Dalam Botol Tertua Ditemukan di Jerman
A A A
BERLIN - Sebuah pesan dalam botol yang dilemparkan ke laut oleh Asosiasi Biologi Kelautan (MBA) Inggris pada bulan November 1906 ditemukan terdampar di Pulau Amrum, Jerman pada 17 April 2015.

Menurut perhitungan, pesan dalam botol itu menghabiskan waktu 108 tahun, 4 bulan dan 18 hari. Guinness World Records pun secara resmi menasbihkannya sebagai pesan tertua dalam botol yang pernah ditemukan.

Pesan dalam botol itu ditemukan oleh seorang wanita Jerman saat mengunjungi Pulau Amrum. Pesan dalam botol itu dituliskan dalam sepucuk kartu pos. Kartu pos itu menjanjikan hadiah 1 shilling (mata uang lama yang setara dengan 12 sen) untuk mengisi beberapa informasi dan mengirim kembali kartu pos itu. Pihak MBA bertekad untuk mengirimkan hadiah yang tepat kepada si penemu.

"Kami menemukan sebuah shilling tua, Saya pikir kami menemukannya di eBay. Kami mengirimkannya ke sang penemu bersama sebuah surat ucapan terima kasih," tutur staf komunikasi MBA, Guy Baker, kepada Guardian seperti dikutip dari laman Live Science, Sabtu (23/4/2016).

Untuk diketahui, pesan tersebut adalah salah satu dari 1.000 pesan botol yang dilemparkan ke laut oleh ahli biologi kelautan George Parker Bidder. Ia melakukan itu sebagai bagian dari proyek penelitian mengetahui pola arus laut.

Meski awalnya, pesan dalam botol itu bertujuan untuk penelitian namun kini pesan dalam botol itu mendapat tempat tersendiri yaitu sebagai pemegang rekor pesan tertua Guinness World Record.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3988 seconds (0.1#10.140)