Korut Bentuk Unit Militer Rudal Balistik Antar Benua

Minggu, 14 Februari 2016 - 20:14 WIB
Korut Bentuk Unit Militer Rudal Balistik Antar Benua
Korut Bentuk Unit Militer Rudal Balistik Antar Benua
A A A
SEOUL - Media Korea Selatan (Korsel) memberitakan, mengutip sebuah sumber di pemerintah, bahwa Korea Utara (Korut) telah membentuk sebuah unit militer baru untuk mengoperasikan rudal balistik antara benua (ICBM), KN-08.

Kabar ini diperkuat oleh pernyataan Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS), James Clapper. Clapper mengatakan, pekan ini Pyongyang akan memperluas satuan pasukan rudal balistiknya dengan menyertakan KN-08 road-mobile ICBM seperti dikutip dari laman Sputniknews, Minggu (14/2/2016).

Brigade KN-08 ditempatkan di bawah Divisi Strategis. Langkah ini menunjukkan bahwa Pyongyang telah semakin mantap dengan rencana untuk menerjunkan pasukan road-mobile ICBM. Para ahli menilai, KN-08 memiliki kisaran jarak tempun minimal 6.200 mil.

Korut memperkenalkan sistem rudal KN-08 pertama kali pada parade militer April 2012 dalam rangka memperingati ulang tahun ke-100 pendiri Korut, Kim Il-sung. Minggu lalu, Korut meluncurkan roket tiga tahap untuk menempatkan satelit kecil ke orbit.

Meskipun Pyongyang mengatakan peluncuran itu adalah bagian dari upaya damai untuk menjelajahi ruang angkasa, teknologi roket itu hampir identik dengan yang digunakan oleh Korut untuk senjata nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5197 seconds (0.1#10.140)