Ancaman ISIS di Asia Tenggara Semakin Besar

Kamis, 10 Desember 2015 - 16:29 WIB
Ancaman ISIS di Asia Tenggara Semakin Besar
Ancaman ISIS di Asia Tenggara Semakin Besar
A A A
SINGAPURA - Ancaman yang ditumbulkan oleh ISIS di kawasan Asia Tenggara semakin hari makin besar. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen.

Menurut Hen, ancaman itu datang dari anggota ISIS asal negara Asia Tenggara yang kembali dari Suriah dan Irak dengan misi untuk membangun sebuah kekhalifahan di negaranya masing-masing.

"Mereka kembali datang dengan kesetiaan kepada ISIS dan misi untuk membentuk kekhalifahan di berbagai belahan dunia. Mereka memiliki simpatisan, mereka memiliki pejuang asing yang terlatih, yang memiliki motivasi, sarana, dan memiliki visi yang sama," ucap Hen, seperti dilansir Times pada Kamis (10/12).

Selain itu, menurutnya ancaman ini semakin besar karena banyaknya kelompok-kelompok afiliasi al-Qaeda di Asia Tenggara, seperti Jemaah Islamiyah dan Abu Sayyaf yang telah mengutarakan sumpah setia kepada ISIS.

Dirinya juga menuturkan, ISIS telah berhasil merekrut lebih banyak orang di kawasan Asia Tengara, khususnya di Singapura, Indonesai dan Malaysia, dibandingkan dengan kelompok teror lainnya.

"Dalam tiga tahun terakhir, ISIS dan ideologinya telah berhasil merekrut anggota di Indonesia, Malaysia dan Singapura lebih banyak dari yang direkrut al-Qaeda dalam 10 tahun terakhir, atau pasukan insiden 9/11." pungkasmya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3908 seconds (0.1#10.140)