Erdogan Bantah Beli Minyak dari ISIS

Jum'at, 27 November 2015 - 19:12 WIB
Erdogan Bantah Beli Minyak dari ISIS
Erdogan Bantah Beli Minyak dari ISIS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan membantah dengan keras tuduhan yang dilontarkan Rusia dan Suriah. Kedua negara tersebut menuduh Turki telah membeli minyak mentah dari ISIS.

"Benar-benar memalukan. Mereka yang mengklaim kami telah membeli minyak dari Daesh (ISIS) wajib membuktikannya. Jika tidak, Anda seorang pembohong sejati," ucap Erdogan seperti dilansir Al Jazeera pada Jumat (27/11).

Erdogan justru mengatakan, pihak yang membeli minyak dari ISIS adalah pemerintah Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad. Menurut Erdogan, Rusia seharusnya terlebih dahulu menginvestigasi Assad, sebelum menuduh negara lain membeli minyak dari ISIS.

"Daesh menjual minyak yang mereka bor kepada Bashar al-Assad. Assad yang Anda dukung," sambungnya. merujuk kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebelumnya, Erdogan menantang Rusia untuk memberikan bukti terkait tuduhan yang menyatakan pihaknya telah membeli minyak dari ISIS. "Turki membeli minyak dan gas hanya dari sumber yang dikenal dan mereka yang menuduh kami telah membeli dari ISIS, perlu membuktikan tuduhan mereka," kata Erdogan.

Erdogan juga mengungkapkan, Turki telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyelundupan minyak di daerah perbatasannya yang merupakan sumber utama pendapatan bagi kelompok ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)