Hindari Serangan Udara, ISIS Bangun Bungker Bawah Tanah

Rabu, 25 November 2015 - 21:17 WIB
Hindari Serangan Udara, ISIS Bangun Bungker Bawah Tanah
Hindari Serangan Udara, ISIS Bangun Bungker Bawah Tanah
A A A
IRBIL - Sebuah rekaman video menunjukan kalau ISIS telah membangun bungker tepat di bawah kota Sinjar, Irak. Bungker bawah tanak itu terhubung satu sama lainnya dengan menggunakan terowongan. Bungker-bunker ini dilengkapi dengan tempat tidur, listrik dan karung pasir.

Tidak hanya itu, bungker-bungker ini juga dilengkapi dengan kotak amunisi buatan Amerika Serikat, obat-obatan dan salinan Al Quran yang tersimpan di rak-rak.

Dalam rekaman video yang dipublikasikan oleh Associated Press itu, bungker dan terowongan bawah tanah ini ditemukan oleh pasukan Kurdi. Pasukan Kurdi berhasil menguasai kota Sinjar pada awal bulan ini, setelah lebih dari satu tahun dikuasai oleh ISIS.

"Kami menemukan antara 30 dan 40 terowongan di dalam Sinjar. Itu seperti jaringan di dalam kota," kata seorang komandan Pejuang Kurdi atau yang dikenal sebagai Peshmerga, Shamo Eado, seperti dikutip dari laman WRAL, Rabu (25/11/2015).

"ISIS menggali bungker ini untuk bersembunyi dari serangan udara dan bisa bergerak bebas di bawah tanah, serta untuk menyimpang senjata dan bahan peledak. Ini adalah persenjataan militer mereka," tambahnya.

Eado sendiri berharap bisa menemukan lebih banyak lagi bungker dan terowongan serta bukti-bukti kekejaman ISIS. "Ini hanya masalah waktu," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3948 seconds (0.1#10.140)