Temui Menlu RI, Menlu Qatar Tegaskan Komitmen Soal Imigran

Minggu, 27 September 2015 - 16:28 WIB
Temui Menlu RI, Menlu Qatar Tegaskan Komitmen Soal Imigran
Temui Menlu RI, Menlu Qatar Tegaskan Komitmen Soal Imigran
A A A
NEW YORK - Di sela-sela sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dilaporkan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Qatar, Khalid bin Muhammed Al Attiyah. Salah satu fokus pembahasan adalah mengenai Imigran.

"Dalam pertemuan itu, Menlu Qatar menegaskan kembali komitmennya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan isu irregular migrants yang saat ini berada di Indonesia," bunyi keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Minggu (27/9/2015).

"Dalam kaitan ini, Menlu RI menyampaikan, krisis migran di Eropa memberikan tantangan tersendiri dalam upaya proses resettlement bagi para migran yang saat ini ditampung Indonesia," sambungnya.

Selain membahas mengenai imigran, kedua Menlu juga membahas mengenai pengembangan hubungan bilateral kedua negara. Dalam pertemuan itu, Kedua Menlu sepakat untuk melakukan pertemuan Expanded Joint Commission dengan melibatkan pejabat-pejabat yang bertanggung jawab di bidang ekonomi.

“Pertemuan expanded Joint Commission akan dapat lebih cepat menindaklanjuti berbagai peluang dan mengatasi hambatan dalam kerja sama ekonomi kedua negara,” ujar Retno.

Masih menurut keterangan Kemlu, kedua Menlu juga menekankan pentingnya kerja sama selatan-selatan untuk mendukung pembangunan negara negara berkembang. Keduanya sepakat untuk melakukan kerjasama trilateral di bidang capacity building, dengan penekanan pada pemberdayaan UKM, pendidikan dan kesehatan.

“Indonesia dan Qatar akan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki masing masing negara untuk bekerja sama dalam mendukung pembangunan negara berkembang," imbuh Retno.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5281 seconds (0.1#10.140)