Umroh Sendal Jepit, Cara Oknum Nakal Selundupkan TKI

Rabu, 02 September 2015 - 22:22 WIB
Umroh Sendal Jepit, Cara Oknum Nakal Selundupkan TKI
Umroh Sendal Jepit, Cara Oknum Nakal Selundupkan TKI
A A A
JEDDAH - Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Dharma Kirty, menjelaskan salah satu modus yang dipakai oleh oknum nakal untuk memasukan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk bekerja di Arab Saudi. Dharma menyebut cara tersebut sebagai "umroh Sendal Jepit" atau modal nekat menggunakan jalur umroh untuk mencari pekerjaan di Saudi.

Menggunakan topeng umroh untuk mencari pekerjaan di Saudi memang bukanlah cara baru. Hal ini sudah dilakukan oleh para oknum-oknum nakal di Indonesia, yang pada akhirnya membuat para jamaah umroh abal-abal ini menjadi overstayer di Saudi.

Menurut Dharma kala ditemui Sindonews di Jeddah pada Rabu (2/9/2015), ada dua macam jamaah umroh sendal jepit tersebut. Jenis pertama adalah yang datang untuk umroh, lalu tiba-tiba memutuskan untuk bekerja sembari menunggu musim Haji. Hal ini dilakukan agar tidak lagi mengeluarkan uang lebih banyak.

"Kedua, mereka memang berniat untuk datang ke Saudi dengan menggunakan visa umroh untuk mencari pekerjaan di sini," ucapnya kala ditemui di kediamaan resmi Konsulat Jenderal Indonesia di pusat kota Jeddah.

Kasus-kasus semacam ini sendiri sejatinya masih terus ditemukan hingga saat ini. Terakhir, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) mengatakan, pihaknya telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan WNI ke Suadi dengan menggunakan topeng umroh.

Ketua SBMI, Haryanto mengatakan, pihaknya masih berupaya mengejar pelaku utama upaya penyelundupan tenaga kerja Indonesia ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4010 seconds (0.1#10.140)