AS Klaim F-35 Siap Digunakan

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 15:30 WIB
AS Klaim F-35 Siap Digunakan
AS Klaim F-35 Siap Digunakan
A A A
WASHINGTON - Kepala Korps Marinir Amerika Serikat (AS) mengatakan pesawat temput terbaru AS yakni F-35 sudah siap digunakan dalam pertempuran. Marinir AS mengatakan akan menerima 10 pesawat jenis F-35B dalam beberapa hari ke depan.

Pengumuman mengenai siap pakainya pesawat dengan dana pengembangan terbesar dalam sejarah militer AS itu dilakukan setelah dilakukannya serangkaian uji coba, termasuk uji coba lepas landas dari kapal induk, manuver, dan pendaratan, yang dinilai cukup sukses.

Melansir Russia Today pada Sabtu (1/8/2015), pengumuman ini juga menjadikan Marinir AS sebagai pihak pertama yang menggunakan pesawat generasi baru AS tersebut. Marinir AS menyebut adanya pesawat ini bisa membawa banyak perubahan dalam seni bertempur di udara.

"Kemampuan F-35B untuk melakukan operasi dari landasan ekspedisi atau operator yang berbasis laut memberikan bangsa kita dengan pesawat tempur generasi kelima pertama, yang akan mengubah cara kita berjuang dan menang," kata Komandan Marinir AS, Jenderal Joseph Dunford.

Dunford mengatakan korps Marinir berencana untuk mengirim skuadron pertama F-35B jet ke Iwakuni, Jepang, pada bulan Januari 2017. "Tapi, pesawat ini telah digunakan dalam berbagai krisis di seluruh dunia," sambungnya.

Kepastian siap tempurnya F-35 datang di tengah kritik terhadap pesawat dengan kemampuan siluman tersebut. Beberapa pengamat militer menyebut pesawat ini tidak akan bisa menang dalam pertempuran jarak dekat, karena sulit melakukan manuver.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3506 seconds (0.1#10.140)