Diam-diam Israel dan Palestina Kembali Hidupkan Dialog Damai

Selasa, 28 Juli 2015 - 20:19 WIB
Diam-diam Israel dan Palestina Kembali Hidupkan Dialog Damai
Diam-diam Israel dan Palestina Kembali Hidupkan Dialog Damai
A A A
RAMALLAH - Israel dan Palestina ternyata diam-diam kembali melakukan pertemuan, guna membahas kelanjutan upaya damai kedua negara. Pertemuan ini diketahui dilakukan oleh ketua perundingan Palestina Saeb Erekat dan Menteri Dalam Negeri Israel Silvan Shalom.

Namun, sayangnya pertemuan ini bukan hanya dirahasiakan kepada dunia internasional, melainkan juga kepada Organisasi Palestina Merdeka atau PLO. Hal ini telah membuat anggota PLO kecewa, dan menyebutnya sebagai sebuah pelanggaran.

"Sayangnya, Komite Eksekutif PLO dan pemimpin Palestina tahu tentang pertemuan tersebut hanya dari media Israel," kata seorang anggota Komite Eksekutif PLO Tayseer Khalid, seperti dilansir Maan News pada Selasa (28/7/2015).

"Pertemuan rahasia antara pejabat Palestina dan Israel melayani kepentingan Israel dan melanggar keputusan PLO sebelumnya soal dimulainya kembali perundingan perdamaian," sambung Khalid dalam pernyataanya.

Selain itu, menurut Khalid pertemuan itu juga melanggar keputusan yang diambil oleh Dewan Pusat dan Komite Eksekutif PLO yang menetapkan bahwa pembicaraan damai dengan Israel hanya bisa dilanjutkan bila pemerintah menghetikan pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dan Yarusalem Timur.

Shalom dan Erekat, menurut beberapa media Israel dilaporkan melakukan pertemuan pada pekan lalu di Amman, Yordania sebagai upaya untuk membangun kepercayaan antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3104 seconds (0.1#10.140)