Jerman Selidiki Fisikawan Rusia yang Diduga Mata-mata

Sabtu, 25 Juli 2015 - 14:29 WIB
Jerman Selidiki Fisikawan Rusia yang Diduga Mata-mata
Jerman Selidiki Fisikawan Rusia yang Diduga Mata-mata
A A A
BONN - Pihak berwenang di Jerman sedang menyelidiki fisikawan Rusia berusia 28 tahun yang diduga menjadi mata-mata. Ahli fisika Rusia yang diduga menjadi mata-mata itu dikenal dengan nama Ivan A.

Fisikawan tersebut pernah bekerja di Max Planck Institute di Bonn, dan Eindhoven University of Technology di Belanda. Menurut laporan Der Spiegel, Sabtu (25/7/2015), Ivan A melakukan kegiatan spionase lewat hasil penelitian rahasia untuk dinas rahasia Kremlin.

Sosok fisikawan Rusia itu telah menarik perhatian intelijen Jerman saat ia bertemu dengan seorang diplomat yang bekerja di konsulat Rusia di Bonn selama beberapa kali. Diplomat itu diduga seorang perwira intelijen Rusia.

Media Jerman itu melaporkan bahwa Ivan A saat ini berada di Moskow. Dia telah menyangkal tuduhan sebagai mata-mata Kremlin.

Ketika ditanya tentang pertemuanya dengan seorang diplomat di kantor konsulat Rusia di Bonn, Ivan A. Mengatakan bahwa ia sedang menyewakan sebuah apartemen di Moskow kepada seorang temannya yang menjadi diplomat. Dia melakukan pertemuan rutin dengan diplomat Rusia tersebut untuk mengumpulkan uang sewa.

Kecurigaan bahwa fisikawan Rusia itu menjadi mata-mata Kremlin, setelah diplomat Rusia yang ditemuinya diusir dari Jerman pada tahun lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4600 seconds (0.1#10.140)