Inilah Foto Rahasia Reaksi Bush Cs saat AS Dihajar Teror 9/11

Sabtu, 25 Juli 2015 - 13:39 WIB
Inilah Foto Rahasia Reaksi Bush Cs saat AS Dihajar Teror 9/11
Inilah Foto Rahasia Reaksi Bush Cs saat AS Dihajar Teror 9/11
A A A
WASHINGTON - Sejumlah foto rahasia reaksi para pejabat Amerika Serikat (AS) saat serangan 9/11 beredar. Reaksi Presiden George W Bush dan wakilnya, Dick Cheney, menjadi sorotan utama.

Ketika pesawat yang dibajak menghantam gedung WTC di New York pada 11 September 2001, Wakil Presiden Dick Cheney tampak meletakkan kakinya di atas meja sambil menonton siaran langsung serangan yang mengerikan itu.

Di foto lain, Cheney duduk di samping istrinya setelah mereka berdua berbaris di sekitar agen Secret Service menuju ruang bawah tanah yang aman di Gedung Putih. Cheney juga tampak mengambil kacamatanya sebelum dia dan istrinya diterbangkan ke lokasi yang dirahasiakan.

Dalam serangan yang oleh AS diklaim dilakukan al-Qaeda, dua pesawat penumpang yang dibajak menabrak gedung WTC. Dalam waktu yang bersamaan, pesawat jet lainnya menyerang Pentagon dan ada juga kecelakaan di Pennsylvania. Serangan 9/11 telah menewaskan 2.996 orang.

Presiden Bush, dalam foto tersebut terlihat tegang bahkan menggigit bibirnya. Bush juga tampak melakukan pertemuan dengan para pejabat AS di Pusat Operasi Darurat Presiden (PEOC), sebuah bunker bawah tanah yang sangat aman di sekitar Gedung Putih. Bunker itu dapat menahan serangan nuklir dan serangan mematikan lainnya.

Para pejabat AS lain yang melakukan pertemuan itu antara lain, Ibu Negara Laura Bush, Penasihat Keamanan Nasional Condoleezza Rice, Direktur CIA George Tenet, pengacara top Cheney, David Addington, dan Kepala Staf Gedung Putih, Andrew Card.

Foto-foto rahasia itu dirilis oleh Arsip Nasional menyusul permintaan pembuat film Frontline, Colette Neirouz Hanna. “Gambar yang baru dirilis tentang reaksi Cheney dan pejabat lain saat serangan 9/11 dibidik oleh staf fotografer Cheny’s,” tulis PBS, Sabtu (25/7/2015).

Sejak serangan 9/11, Cheney membela teknik interogasi keras yang digunakan CIA untuk menyiksa para tersangka teror 9/11. Salah satu tersangka yang disiksa adalah Khalid Sheikh Mohammed, orang yang dituduh dalang teror 9/11. Pria itu mengalami siksaan waterboarding sebanyak 183 kali.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4874 seconds (0.1#10.140)