Kesepakatan Nuklir Iran Tercapai?

Selasa, 14 Juli 2015 - 15:35 WIB
Kesepakatan Nuklir Iran Tercapai?
Kesepakatan Nuklir Iran Tercapai?
A A A
WINA - Negosiasi nuklir antara Iran dan negara P5+1 dikabarkan telah berakhir. Kedua pihak disebut-sebut telah mencapai kata sepakat, setelah melalui negosiasi selama kurang lebih dua pekan.

Kabar mengenai sudah tercapainya kesepakatan tersebut disampaikan oleh salah seorang diplomat Iran yang turut terlibat dalam negosiasi tersebut. "Semua kerja keras telah terbayar dan kami telah mencapai kesepakatan. Tuhan memberkati masyarakat kami," katanya dalam kondisi anonim, seperti dilansir BBC pada Selasa (14/7/2015).

Hal senada juga diutarakan oleh seorang diplomat Amerika Serikat (AS) yang mendapat akses informasi dalam negosiasi tersebut. Diplomat yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut menyatakan, memang benar kesepakatan sudah tercapai dan akan segera diumumkan.

Namun, baik diplomat Iran atau AS belum memberikan rincian mengenai isi kesepakatan tersebut. Sebelumnya diberitakan, bahwa Iran telah setuju untuk memberikan akses kepada inspektur PBB untuk memeriksa semua situs nuklir Iran, termasuk situs nuklir militer.

Uni Eropa (UE) juga sempat mengutarakan bahwa akan ada pertemuan puncak yang diakhiri dengan konfrensi pers pada pukul 08.30 malam nanti. Belum diketahui apakah itu merupakan konfrensi pers mengenai tercapainya kesepakatan, atau adanya perpanjangan lain dari negosiasi tersebut.

Bila hal ini benar adanya, maka ini akan menjadi kabar gembira untuk masyarakat Iran. Sebab, dengan adanya kesepakatan tersebut, maka sanksi ekonomi yang selama ini menjerat Iran akan segera lepas, yang berarti perekonomian Iran bisa berkembang, dengan adanya kesempatan masuknya investor ke negara mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4006 seconds (0.1#10.140)