Singkirkan Ego, Rusia-AS Kerjasama Lawan ISIS

Selasa, 30 Juni 2015 - 18:17 WIB
Singkirkan Ego, Rusia-AS Kerjasama Lawan ISIS
Singkirkan Ego, Rusia-AS Kerjasama Lawan ISIS
A A A
WINA - Rusia dan Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan segera menggelar pembicaraan mengenai perlawanan terhadap aksi terorisme di Timur Tengah, khususnya ISIS. Pembicaraan tersebut akan dilangsungkan di Wina, Austria, atau di sela-sela negosiasi nuklir Iran.

Melansir Itar-tass pada Selasa (30/6/2015), pertemuan yang akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Segeri Lavrov dan Menlu AS John Kerry itu, merupkan kelanjutan pembahasan kedua Kepala Negara. Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pembicaraan soal perlawanan terhadap ISIS melalui sambungan telepon pekan lalu.

Dalam pembicaraan itu, Putin menyerukan kepada semua pihak, khususnya kepada negara-negara di kawasan Timur Tengah untuk bergabung dalam memerangi setiap aksi terorisme. Putin juga menyarankan untuk membuat koalisi baru, mengggantikan koalisi yang saat ini dipimpin oleh AS.

"Pekan lalu, topik ini telah dibahas oleh Presiden Obama dan Presiden Putin melalui telepon. Kami memperhatikan kepentingan umum Rusia, AS, dan negara-negara lain untuk memerangi terorisme, mencegah ISIS untuk menjalankan rencana mereka," kata Lavrov.

"Presiden Rusia dan AS, telah menunjuk saya dan Menlu AS John Kerry untuk mengadakan pertemuan, untuk bertukar pendapat tentang cara efektif untuk menggabungkan usaha kedua negara, ditambah dengan negara lain di kawasan tersebut untuk memerangi ISIS," sambungnya.

Sementara itu, Lavrov juga memperingatkan kepada AS untuk tidak membawa agenda tersembunyi dalam usaha mereka melakukan perlawanan terhadap ISIS. "Tugas bersama untuk memerangi terorisme seharusnya tidak dibayangi oleh tujuan geopolitik," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3938 seconds (0.1#10.140)