Ahli Nuklir Korut Dituding Diam-diam Sambangi Iran

Kamis, 28 Mei 2015 - 12:12 WIB
Ahli Nuklir Korut Dituding Diam-diam Sambangi Iran
Ahli Nuklir Korut Dituding Diam-diam Sambangi Iran
A A A
PARIS - Kelompok pembangkang Iran yang tinggal di pengasingan Paris, Prancis, menuding para ahli senjata nuklir Korea Utara (Korut) melakukan kunjungan rahasia ke Iran. Kunjungan rahasia itu bahkan disebut sudah tiga kali selama 2015.

Para pembangkang Iran yang tergabung dalam Dewan Oposisi Perlawanan Nasional Iran (NCRI) itu pernah menuduh Iran melakukan pengayaan uranium di fasilitas nuklir Natanz dan Arak pada tahun 2002. Namun, para analis pernah menilai tuduhan para pembangkang Iran itu bermuatan politis.

Pernyataan NCRI itu muncul menjelang perundingan nuklir Teheran tahap final antara Iran dan enam negara kekuatan dunia pada 30 Juni 2015 mendatang.

Sumber NCRI diklaim berasal dari beberapa sumber termasuk orang dalam korps Garda Revolusi Iran. Menurut NCRI, ada tujuh orang tim Kementerian Pertahanan Korut berada di Iran pada minggu terakhir bulan April 2015.

”Para delegasi termasuk ahli nuklir, ahli hulu ledak nuklir dan ahli dalam berbagai elemen rudal balistik,” kata NCRI,dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Kamis (28/5/2015). Sebelum ini, juga muncul laporan yang belum dikonfirmasi bahwa Iran dan Korut melakukan kerjasama untuk proyek rudal balistik.

Masih menurut NCRI, para delegasi Korut diam-diam dibawa ke kompleks Imam Khomenei, sebuah situs yang dikendalikan oleh Departemen Pertahanan Iran di sebelah timur Teheran. Namun, NCRI tidak merinci siapa saja pejabat yang melakukan pertemuan itu.

”Program persenjataan mereka terus dilakukan dan prosesnya tidak melambat,” kata juru bicara NCRI, Shahin Gobadi. Pemerintah Iran belum menanggapi tuduhan NCRI ini. Pemerintah Korut juga masih bungkam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5066 seconds (0.1#10.140)