Parlemen Vietnam Terima Pengunduran Diri Presiden Akibat Skandal Korupsi

Rabu, 18 Januari 2023 - 23:27 WIB
loading...
Parlemen Vietnam Terima Pengunduran Diri Presiden Akibat Skandal Korupsi
Parlemen Vietnam yang disebut Majelis Nasional pada Rabu (18/1/2023) menyetujui pengunduruan diri Presiden Nguyen Xuan Phuc. Foto/NBC News
A A A
HANOI - Parlemen Vietnam yang disebut Majelis Nasional pada Rabu (18/1/2023) menyetujui pengunduruan diri Presiden Nguyen Xuan Phuc, sehari setelah dia secara dramatis mengundurkan diri sebagai bagian dari gerakan anti-korupsi.

Pengunduran dirinya yang tiba-tiba dan belum pernah terjadi sebelumnya terjadi selama periode pergolakan politik yang signifikan di Vietnam, di mana pembersihan anti-korupsi dan pertempuran faksi telah menyebabkan beberapa menteri dipecat.

Media pemerintah Vietnam melaporkan, dalam pertemuan luar biasa yang tertutup bagi media internasional, lebih dari 93 persen anggota Majelis Nasional menyetujui pengunduran diri Phuc.

Tanpa pengganti yang ditunjuk, menurut konstitusi Vietnam makam wakil presiden saat ini, Vo Thi Anh Xuan, secara otomatis menjadi presiden sementara seperti dikutip dari Channel News Asia.

Vietnam yang otoriter dijalankan oleh Partai Komunis dan secara resmi dipimpin oleh sekretaris jenderal, presiden, dan perdana menteri.

Keputusan penting dibuat oleh politbiro, yang sekarang berjumlah 16 orang.



Kepergian Phuc yang tiba-tiba adalah langkah yang sangat tidak biasa di Vietnam, di mana perubahan politik biasanya diatur dengan hati-hati, dengan penekanan pada stabilitas yang hati-hati.

Pada hari Selasa, Partai Komunis memutuskan pria berusia 68 tahun itu bertanggung jawab atas kesalahan para menteri senior di bawahnya selama masa jabatannya sebagai perdana menteri 2016 hingga 2021, sebelum ia menjadi presiden.

Dua wakil perdana menteri - Pham Binh Minh dan Vu Duc Dam - dipecat bulan ini dalam pembersihan anti-korupsi yang menyebabkan penangkapan puluhan pejabat, dengan banyak tuduhan korupsi terkait kesepakatan yang dilakukan sebagai bagian dari penanggulangan pandemi Covid-19 Vietnam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)