Ancaman Meningkat, Belarusia dan Rusia Mulai Latihan Gabungan Angkatan Udara

Senin, 16 Januari 2023 - 21:04 WIB
loading...
Ancaman Meningkat, Belarusia dan Rusia Mulai Latihan Gabungan Angkatan Udara
Jet tempur Belarusia dan Rusia menggelar latihan gabungan. Foto/sputnik
A A A
MINSK - Belarusia dan Rusia memulai penerbangan bersama dan latihan taktis unit-unit penerbangan dalam kelompok pasukan regional untuk meningkatkan kompatibilitas operasional mereka.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Belarusia mengungkapkan hal itu pada Senin (16/1/2023).

"Hari ini, latihan penerbangan taktis bersama unit penerbangan angkatan bersenjata Belarusia dan Rusia, yang merupakan bagian dari komponen penerbangan kelompok pasukan regional, dimulai," ungkap Kemhan Belarusia.

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan interoperabilitas pasukan dalam tugas pelatihan tempur, tambah kementerian tersebut.

Satu unit pasukan kedirgantaraan Rusia ikut serta dalam latihan tersebut.

“Sejumlah besar tugas dijadwalkan untuk dipraktikkan selama latihan. Ini termasuk melakukan pengintaian udara, patroli bersama wilayah udara di sepanjang perbatasan negara, memberikan dukungan udara untuk kelompok pasukan, pendaratan pasukan lintas udara taktis, pengiriman kargo dan evakuasi pasukan yang terluka," ungkap pernyataan itu.



Semua pangkalan Angkatan Udara dan pertahanan udara Belarusia digunakan selama latihan, menurut Kementerian Pertahanan Belarusia.

Latihan bersama Rusia dan Belarusia akan berlangsung hingga 1 Februari.

Sebelumnya pada bulan Januari, Wakil Menteri Pertahanan Belarusia Andrei Juk mengatakan kedua negara akan terus melatih angkatan bersenjatanya, dan latihan penerbangan taktis ini akan diikuti berbagai pelatihan staf dan latihan bersama berskala besar "Sword of the Union 2023".

Minsk telah berulang kali menyatakan tugas kelompok pasukan regional Rusia-Belarusia murni bersifat defensif.

Latihan itu digelar seiring meningkatnya ancaman keamanan di tengah pertempuran sengit antara Rusia dan Ukraina yang dibantu aliansi Barat.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)