WHO Sambut Baik Sikap China yang Mulai Terbuka Soal Data Covid-19

Minggu, 15 Januari 2023 - 06:00 WIB
loading...
WHO Sambut Baik Sikap China yang Mulai Terbuka Soal Data Covid-19
WHO Sambut Baik Sikap China yang Mulai Terbuka Soal Data Covid-19. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - WHO menyambut baik informasi baru tentang situasi Covid-19 di China . Hal itu diungkapkan WHO setelah Beijing merilis data baru yang menunjukkan lonjakan besar dalam kematian terkait COVID-19, Sabtu (14/1/2023).

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara dengan Ma Xiaowei, Direktur Komisi Kesehatan Nasional China, tentang gelombang infeksi yang merebak setelah negara itu secara tiba-tiba membongkar rezim anti-virusnya bulan lalu.



"WHO menghargai pertemuan ini, serta rilis informasi publik tentang situasi keseluruhan," kata badan yang berbasis di Jenewa itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

"Pejabat China memberikan informasi kepada WHO dan dalam konferensi pers tentang berbagai topik, termasuk klinik rawat jalan, rawat inap, pasien yang membutuhkan perawatan darurat dan perawatan kritis, dan kematian di rumah sakit terkait infeksi Covid-19," lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya pada hari Sabtu, China mengatakan hampir 60.000 orang dengan Covid-19 telah meninggal di rumah sakit sejak meninggalkan kebijakan nol-Covid pada awal Desember, lompatan besar dari angka yang dilaporkan sebelumnya. Rilis ini mengikuti kritik global terhadap data China.



"WHO sedang menganalisis informasi ini, yang mencakup awal Desember 2022 hingga 12 Januari 2023, dan memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang situasi epidemiologis dan dampak gelombang ini di China," kata badan PBB tersebut.

WHO mengatakan, epidemiologi wabah terbaru, dengan gelombang infeksi yang cepat dan intens yang disebabkan oleh jenis varian Omicron - yang terutama menyerang orang tua atau orang dengan kondisi yang mendasarinya - serupa dengan yang terlihat di negara lain.

"Data yang dilaporkan menunjukkan penurunan jumlah kasus, rawat inap, dan mereka yang membutuhkan perawatan kritis. WHO telah meminta perincian data yang lebih rinci berdasarkan provinsi dari waktu ke waktu," kata badan tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)