Dapat Bantuan Pembunuh Tank, Zelensky Puji AS

Minggu, 08 Januari 2023 - 12:56 WIB
loading...
Dapat Bantuan Pembunuh Tank, Zelensky Puji AS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji AS yang telah memberikan bantuan kendaraan tempur pembunuh tank, Bradley. Foto/Business Insider
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak bisa menyembunyikan rasa terima kasihnya atas bantuan militer Amerika Serikat (AS). Ia memuji sekutunya itu karena telah memasukkan kendaraan lapis baja 'pembunuh tank' dalam paket bantuan militer bernilai miliaran dolar terbarunya.

Gedung Putih pada Jumat lalu mengumumkan paket bantuan militer sebesar USD3,75 miliar atau sekitar Rp58,5 triliun dalam bentuk senjata dan bantuan lain. Bantuan itu termasuk 50 kendaraan lapis baja Bradley dan 500 rudal anti-tank yang dapat mereka tembakkan.



Zelensky mengatakan bantuan kendaraan pembunuh tank itu "persis yang dibutuhkan" pasukan Ukraina yang terkunci dalam pertempuran melawan pasukan Rusia.

Dalam pidatonya yang disiarkan setiap malam pada hari Jumat, Zelensky memuji paket bantuan AS sebagai “sangat kuat.”

“Untuk pertama kalinya, kami akan mendapatkan kendaraan lapis baja Bradley – inilah yang dibutuhkan. Senjata dan peluru baru, termasuk presisi tinggi, roket baru, drone baru. Ini tepat waktu dan kuat,” katanya seperti dikutip dari AP, Minggu (8/1/2023).

Dia berterima kasih kepada Presiden AS Joe Biden, anggota parlemen AS, dan semua warga Amerika yang disebutnya menghargai kebebasan, dan yang tahu bahwa kebebasan layak dilindungi.

Paket bantuan militer terbaru AS adalah yang terbesar hingga saat ini untuk Ukraina. Jerman juga mengumumkan akan memasok sekitar 40 pengangkut personel lapis baja Marder dan Prancis menjanjikan penghancur tank AMX-10 RC beroda.



Bersama-sama, janji minggu ini merupakan sinyal kuat bahwa Ukraina dapat mengandalkan bantuan jangka panjang yang berkelanjutan dari Barat melawan tekanan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memecah belah negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)