Putin Ungkap 4 Kapal Selam Bertenaga Nuklir Baru Segera Dibuat

Jum'at, 30 Desember 2022 - 05:01 WIB
loading...
Putin Ungkap 4 Kapal Selam Bertenaga Nuklir Baru Segera Dibuat
Kapal selam rudal bertenaga nuklir Emperor Alexander III. Foto/ITAR-TASS/Lev Fedoseyev
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Kamis (29/12/2022) bahwa empat kapal selam bertenaga nuklir yang baru akan dibangun sebagai bagian dari program persenjataan saat ini.

Kehadiran 4 kapal selam baru itu akan menjamin keamanan negara untuk tahun-tahun mendatang.

“Saya ingin menunjukkan bahwa empat kapal selam lagi akan dibangun di bawah program persenjataan negara saat ini. Ini akan memastikan keamanan Rusia selama beberapa dekade mendatang,” ungkap Putin.

Putin menjelaskan, “Kapal selam rudal balistik Rusia, yang saat ini sedang dikembangkan dan dibangun, memiliki banyak karakteristik unik, sementara kapal selam dan kapal permukaan baru memiliki sistem navigasi, komunikasi dan sonar modern, dilengkapi dengan senjata presisi tinggi dan sistem robot.”



“Misalnya, kapal selam Generalissimus Suvorov dipersenjatai dengan rudal balistik Bulava, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan angkatan laut nuklir kita,” ujar Putin.

Selain itu, presiden mencatat kapal roket kecil Grad Sviyazhsk juga merupakan proyek generasi baru.

Dia menjelaskan, kapal kelas ini telah menunjukkan efisiensi tinggi dalam misi tempur di Suriah, serta selama operasi militer khusus di Ukraina.

Presiden Rusia berpartisipasi melalui tautan video dalam upacara pengibaran bendera Angkatan Laut di kapal perang yang bergabung Angkatan Laut negara itu.

Upacara itu juga termasuk peluncuran kapal selam rudal bertenaga nuklir Kaisar Alexander III.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)