Lavrov: Hubungan Rusia-AS Tak Bisa Normal Selama Biden Berkuasa

Rabu, 28 Desember 2022 - 03:11 WIB
loading...
Lavrov: Hubungan Rusia-AS Tak Bisa Normal Selama Biden Berkuasa
Hubungan Rusia-AS tidak bisa normal selama Joe Biden berkuasa. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia dan Amerika Serikat (AS) tidak dapat mempertahankan jalur percakapan yang normal karena jalur konfrontatif yang diasumsikan oleh Presiden Joe Biden . Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

"Mempertahankan percakapan normal dengan pemerintahan Biden, yang menyatakan kekalahan strategis bagi negara kita sebagai salah satu tujuannya, secara objektif tidak mungkin," kata Lavrov.

"Jalan anti-Rusia konfrontatif Washington terus mengasumsikan sifat yang lebih akut dan mencakup semua," imbuhnya seperti dikutip dari kantor berita Rusia, TASS, Rabu (28/12/2022).

Diplomat top Rusia itu mencatat bahwa hubungan Rusia-AS berada dalam keadaan yang sangat menyedihkan karena mereka hampir terhenti karena Washington.



"Kami telah secara konsisten menjelaskan kepada orang Amerika bahwa bukan gaya kami untuk dengan sengaja menurunkan hubungan antar-pemerintah," ungkap Lavrov.

"Namun, kami melanjutkan dari sikap timbal balik dalam keadaan apa pun ketika harus membangun dialog. Dengan kata lain, sebagai aturan kami bertindak sesuai dengan prinsip 'mata ganti mata', tetapi tidak harus simetris," jelas Lavrov.

Meski begitu, Lavrov mengakui jika normalisasi hubungan Rusia-AS akan menguntungkan semua orang. Ini mengingat tanggung jawab unik atas nasib umat manusia Rusia dan AS sebagai dua negara adidaya nuklir.



"Mengingat tanggung jawab khusus atas nasib umat manusia Rusia dan AS sebagai dua negara adidaya nuklir, saya berangkat dari fakta bahwa hubungan normal antara negara kita akan menguntungkan semua orang," kata diplomat tertinggi Rusia itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)