Apa Itu Pemerintahan Ekstrem Kanan? Pemerintah Baru Israel Bentukan Netanyahu

Sabtu, 24 Desember 2022 - 21:27 WIB
loading...
Apa Itu Pemerintahan Ekstrem Kanan? Pemerintah Baru Israel Bentukan Netanyahu
Benjamin Netanyahu bentuk pemerintahan baru Israel berisi para politisi sayap kanan garis keras. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Benjamin Netanyahu telah membuat kesepakatan dengan mitra koalisinya untuk membentuk pemerintahan baru Israel. Pemerintahan baru Zionis ini disebut berwajah ekstrem kanan karena berisi para politisi sayap kanan garis keras.

Kesepakatan antara Netanyahu dan mitra koalisinya tercapai pada Rabu dan diumumkan kantor Netanyahu pada Kamis lalu. Itu terjadi setelah mereka memenangkan pemilu Israel 1 November 2022.

Sebagai pembentuk pemerintahan baru, Benjamin Netanyahu akan menjabat sebagai Perdana Menteri (PM)—jabatan yang sebelumnya pernah dia pegang sangat lama.

Pemerintahan baru bentukan Netanyahu telah membuat warga Palestina cemas. Sebab, koalisi Netanyahu terdiri dari partai partai berhaluan kanan, bahkan salah satu ketua partai tersebut sempat dihukum karena perilaku rasisme anti-Arab.



Pemerintahan baru Israel yang paling ekstrem kanan ini segera menggantikan pemerintahan berhaluan kiri yang sebelumnya berkuasa.

Istilah golongan kanan dalam spektrum politik sebenarnya sudah biasa. Namun apa itu ekstrem kanan? Apakah memiliki makna yang sama?

Sebenarnya keduanya sama-sama dikaitkan dengan konservatisme, liberalisme, nasionalisme, dan kelompok kanan agama.

Namun pemerintahan ekstrem kanan bentukan Netanyahu ini akan jauh lebih radikal ketimbang pemerintahan golongan kanan biasa.

Biasanya paham ekstremis kanan ini bertentangan dengan nilai-nilai domokratis sehingga segala aturan ditentukan oleh pemegang kekuasaan tertinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)