Dinilai Kurang Tangguh, Jerman Hentikan Pembelian Tank Puma

Selasa, 20 Desember 2022 - 05:30 WIB
loading...
Dinilai Kurang Tangguh, Jerman Hentikan Pembelian Tank Puma
Dinilai Kurang Tangguh, Jerman Hentikan Pembelian Tank Puma. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Jerman tidak akan membeli lagi tank infanteri Puma sampai kendaraan tempur itu membuktikan diri dapat diandalkan. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht, Senin (19/12/2022), setelah beberapa kendaraan dihentikan selama latihan militer baru-baru ini.

"Kegagalan kendaraan tempur infanteri Puma baru-baru ini merupakan kemunduran besar," kata Lambrecht, seperti dikutip dari Reuters. Ia mengaku telah meminta laporan tentang masalah tersebut pada akhir minggu depan.



Saham Rheinmetall, yang memproduksi tank bersama dengan Krauss-Maffei Wegmann (KMW), turun 7% setelah pengumuman menteri. Sebuah pernyataan dari Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan, tujuannya adalah agar tank Puma bisa beroperasi secepat mungkin.

“Pasukan kami harus dapat mengandalkan sistem senjata yang kuat dan stabil bahkan dalam pertempuran,” lanjut Lambrecht. Ia memastikan sekutu NATO bahwa mereka dapat terus mengandalkan Berlin untuk memenuhi kewajiban kesiapannya sebagai bagian dari gugus tugas bersama (VJTF) dari tahun 2023.

Dengan kebijakan ini, militer Bundeswehr Jerman akan menggunakan tank Marder, model pendahulu Puma, mulai 1 Januari tahun depan. Juru bicara kementerian menyebutnya sebagai "solusi mundur". Baik Rheinmetall maupun KMW tidak akan mengomentari masalah dengan model Puma.



Majalah Spiegel melaporkan pada akhir pekan bahwa 18 tank Puma yang ditujukan untuk gugus tugas gabungan kesiapan tinggi NATO tahun depan tidak beroperasi setelah masalah muncul selama latihan tembak.

Jerman telah berjanji untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan dan memodernisasi militernya setelah perang Ukraina, dengan pemerintah Kanselir Olaf Scholz menyediakan 100 miliar euro (USD106,10 miliar) untuk investasi pertahanan dalam anggaran tahun ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)