Kalah dalam Pemilu, Mahathir Mohamad Mundur sebagai Ketua Partai

Minggu, 18 Desember 2022 - 09:27 WIB
loading...
Kalah dalam Pemilu, Mahathir Mohamad Mundur sebagai Ketua Partai
Mahathir Mohamad mundur sebagai ketua Partai Pejuang setelah kalah dalam pemilu beberapa waktu lalu. Foto/Dawn
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, memutuskan mundur sebagai ketua partai Parti Pejuang Tanah Air (Pejuang) yang didirikannya setelah kalah dalam pemilu baru-baru ini. Keputusan mundur Mahathir pun diterima oleh anggota dewan eksekutif partai.

“Anggota dewan eksekutif pusat dan anggota partai berterima kasih padanya atas layanan, bimbingan, dan kepemimpinannya selama masa jabatannya sebagai ketua,” kata presiden partai Muhkriz Mahathir dalam sebuah pernyataanpada Sabtu kemarin.

“Pejuang akan berusaha agar cara berpikir dan gaya kepemimpinan Tun (Dr Mahathir) yang berlandaskan prinsip dan nilai-nilai budaya murni dapat diteladani oleh generasi penerus,” sambungnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (18/12/2022).

Meski mengundurkan diri sebagai ketua, mantan pria berusia 97 tahun itu tetap menjadi anggota Partai Pejuang.



“Kami percaya Tun akan terus memberikan pandangan dan kritik yang konstruktif terhadap masa depan Malaysia sebagai negarawan yang luar biasa,” kata Mukhriz yang merupakan putra Mahathir.

Mahathir gagal mempertahankan kursinya di Langkawi di Kedah - kekalahan elektoral pertamanya dalam 53 tahun - pada Pemilihan Umum ke-15 Malaysia pada November lalu.

Dia kehilangan kursi setelah finis keempat dalam pertarungan lima sudut, yang dimenangkan oleh Mohd Suhaimi Abdullah dari Perikatan Nasional.

Koalisi Gerakan Tanah Air (GTA) yang dipimpinnya juga gagal meraih satu kursi pun.

Pejuang, yang merupakan bagian dari koalisi, didirikan pada Agustus 2020 setelah pemerintahan Pakatan Harapan (PH) saat itu runtuh karena pertikaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)