Pemilu Malaysia: Anwar Ibrahim Unggul, Mahathir Mohamad Kalah Mengejutkan

Minggu, 20 November 2022 - 05:50 WIB
loading...
Pemilu Malaysia: Anwar Ibrahim Unggul, Mahathir Mohamad Kalah Mengejutkan
Koalisi multiras pimpinan Anwar Ibrahim unggul sementara dalam Pemilu Malaysia. Kubu Mahathir Mohamad kalah mengejutkan. Foto/REUTERS
A A A
KUALA LUMPUR - Hasil sementara pemilihan umum (Pemilu) yang diperebutkan dengan panas di Malaysia menunjukkan koalisi multiras pimpinan Anwar Ibrahim unggul dan bersaing ketat dengan koalisi yang dipimpin mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Koalisi Barisan Nasional pimpinan Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob—yang didominasi oleh partainya; Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO)—mengalami kekalahan.

Kekalahan mengejutkan juga dialami mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad dengan partainya; Partai Pejuang Tanah Air. Politisi berusia 97 tahun itu kehilangan kursi parlementernya—kekalahan elektoral pertama dalam 53 tahun.



Pemilu ke-15 yang digelar pada hari Sabtu tersebut kemungkinan akan mengakhiri karier politik Mahathir.

Komisi Pemilu telah mengumumkan hasil untuk 150 dari 222 kursi Parlemen.

Kubu aliansi pemimpin oposisi Anwar Ibrahim unggul dengan 50 kursi, sementara aliansi Muhyiddin berada di urutan kedua dengan 48 kursi.

Koalisi Barisan Nasional yang tercemar korupsi, yang memerintah Malaysia sejak kemerdekaannya dari Inggris hingga 2018, masih dapat kembali berkuasa tergantung pada aliansi pasca-pemilu.

Menurut Komisi Pemilu, Mahathir berada di urutan keempat dalam pertarungan lima arah di daerah pemilihannya yang telah lama dipegangnya di pulau resor liburan Langkawi.

Ketika orang Malaysia pergi untuk memilih di negara yang telah memiliki tiga perdana menteri dalam beberapa tahun terakhir, jajak pendapat memperkirakan aliansi Anwar akan mengambil kursi terbanyak di Parlemen tetapi akan gagal mencapai mayoritas yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)