Angkatan Laut Singapura Luncurkan Kapal Selam Baru Buatan Jerman

Rabu, 14 Desember 2022 - 18:15 WIB
loading...
Angkatan Laut Singapura Luncurkan Kapal Selam Baru Buatan Jerman
Angkatan Laut Singapura Luncurkan Kapal Selam Baru Buatan Jerman. FOTO/CNA
A A A
KIEL - Dengan taburan botol sampanye di lambung kapal, dua kapal selam baru kelas Invincible diresmikan oleh Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) pada Selasa (13/12/2022).

Dinamakan Sempurna dan Terkemuka, kapal selam ini adalah yang kedua dan ketiga dari empat kapal selam Tipe 218SG yang dibuat oleh ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) untuk Kementerian Pertahanan (MINDEF).



Yang pertama - Invincible - diluncurkan pada tahun 2019 pada upacara yang juga diadakan di galangan kapal TKMS di Kiel. Upacara hari Selasa diresmikan oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan dihadiri oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Mengikuti tradisi Angkatan Laut yang sudah berlangsung lama, kedua kapal selam itu diluncurkan oleh sponsor wanita, istri Tuan Lee, Ho Ching. Upacara tersebut juga disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan dan kepala pertahanan dari Singapura dan Jerman.

Dalam pidatonya, Lee menekankan pentingnya kapal selam dalam membantu Singapura - sebagai negara maritim - tetap membuka jalur lautnya untuk pergerakan barang dan material.



Negara ini sangat bergantung pada perdagangan maritim yang bebas dan tanpa hambatan untuk kemakmuran dan kelangsungan hidup, katanya. Lee juga berterima kasih kepada TKMS dan Angkatan Laut Jerman atas dukungan dan berbagi keahlian mereka, mencatat hubungan pertahanan yang berkembang antara kedua negara.

“Kapal selam yang diluncurkan hari ini merupakan wujud nyata dari kerja sama kita yang erat dan produktif,” kata Lee, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Kolaborasi kami dalam kemampuan strategis ini menggarisbawahi kedalaman kemitraan dan kepercayaan antara angkatan laut dan industri pertahanan kami,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)