Profil Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi, Tersangka yang Ditangkap AS dalam Tragedi Lockerbie Bombing 1988

Selasa, 13 Desember 2022 - 18:34 WIB
loading...
Profil Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi, Tersangka yang Ditangkap AS dalam Tragedi Lockerbie Bombing 1988
Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi (tengah) berada di antara para tahanan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi yang telah ditetapkan sebagai tersangka ini diduga sebagai dalang di balik tragedi Lockerbie Bombing pada 1988.

Dilansir dari justice.gov, pada 21 Desember 1988 silam, pesawat Pan Am Flight 103 hancur seketika setelah 38 menit lepas landas dari London. Penyebabnya adalah bom yang berada di kargo depan.

Pesawat tersebut jatuh di Lockerbie, Skotlandia, ketika tengah dalam perjalanan menuju Bandara John F Kennedy di New York. Kecelakaan tersebut menyebabkan 270 orang tewas.

Setelah bencana tersebut, penegak hukum Skotlandia dan Amerika Serikat lantas bekerja sama mengusut pelaku karena kejadian ini sangatlah jarang terjadi.



Setelah beberapa dekade barulah pada Desember 2020 Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi diduga sebagai pelaku sebagai perakit bom yang telah menghilangkan banyak nyawa tersebut.

Abu Agela Mas’ud Kheir Al-Marimi alias Mas'ud ini tergabung dalam sindikat External Security Organization (ESO), organisasi intelijen dari Libya yang dituding melakukan tindak terorisme.

Pada tahun 1988 silam, Mas'ud diarahkan pejabat organisasi tersebut menuju ke bandara dengan koper yang telah disiapkan.

Ketika berada di bandara, Mas'ud bertemu dengan Abdel Baset Ali al-Megrahi (Megrahi) dan Lamen Khalifa Fhimah (Fhimah) yang telah menjadi terdakwa sejak 1991 lalu.

Setelah mengatur waktu ledakan, Mas'ud lalu menyerahkan koper tersebut pada mereka berdua untuk diletakkan di pesawat. Mas'ud kemudian menumpang pesawat Libya Tripoli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)