AS Setuju Jual Senjata ke Taiwan, China Siap Bertindak Tegas

Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:36 WIB
loading...
AS Setuju Jual Senjata ke Taiwan, China Siap Bertindak Tegas
AS setuju untuk menjual suku cadang pesawat kepada Taiwan membuat China bereaksi keras. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China menentang dengan tegas keputusan Amerika Serikat (AS) yang setuju menjual senjata ke Taiwan . China pun memperingatkan akan memberikan tindakan tegas.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, membuat pernyataan tersebut pada konferensi pers reguler di Beijing sebagai tanggapan atas persetujuan Departemen Luar Negeri AS atas potensi penjualan suku cadang pesawat senilai USD428 juta atau sekitar Rp6,6 triliun ke Taiwan.

Mao mengatakan penjualan senjata AS ke wilayah Taiwan adalah pelanggaran terang-terangan prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS, terutama Komunike 17 Agustus.

Baca: Taiwan Siapkan Skenario Terburuk Hadapi China

"Penjualan senjata merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China, merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, dan mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis kemerdekaan Taiwan," katanya seperti dikutip dari Dailys People, Jumat (9/12/2022).

Dikatakan oleh Mao, China menyesalkan dan dengan tegas menolak keputusan itu dan akan bertindak tegas untuk mempertahankan kedaulatan dan kepentingan keamanannya.

"China mendesak AS untuk mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS dan dengan sungguh-sungguh bertindak atas komitmen yang dibuat oleh kepemimpinan AS untuk tidak mendukung kemerdekaan Taiwan," serunya.

Baca: Senator Amerika: Taiwan Lebih Penting daripada Ukraina

Mao mengatakan AS harus menghentikan penjualan senjata dan kontak militer ke Taiwan, berhenti menciptakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketegangan di Selat Taiwan, dan berhenti menggunakan Taiwan untuk menahan China.

"Jangan melangkah lebih jauh ke jalan yang salah dan berbahaya," pungkas Mao.

Diwartakan sebelumnya Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan suku cadang pesawat senilai USD428 juta (Rp6,6 triliun) untuk Taiwan guna membantu Angkatan Udara negara itu. Hingga kini, Taiwan telah berulang kali mencegat jet China yang beroperasi di dekat pulau itu.

Baca: Angkatan Udara Taiwan Akan Disuplai Suku Cadang Rp6,6 Triliun dari AS
(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3184 seconds (10.177#12.26)