Trio Menhan AUKUS Bahas Pengadaan Kapal Selam Nuklir Australia

Kamis, 08 Desember 2022 - 14:16 WIB
loading...
Trio Menhan AUKUS Bahas Pengadaan Kapal Selam Nuklir Australia
Trio Menteri Pertahanan dari aliansi AUKUS mulai membahas pengadaan kapal selam bertenaga nuklir untuk Australia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Trio Menteri Pertahanan AUKUS (Australia-Inggris-Amerika Serikat) membahas pengadaan kapal selam bertenaga nuklir seperti yang telah disepakati tahun lalu.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan kemajuan besar telah dibuat pada rencana untuk menyediakan Canberra dengan kapal selam bertenaga nuklir.

AUKUS merupakan blok keamanan trilateral yang dibentuk dengan salah tuju tujuannya untuk menghadapi China.

Berbicara setelah pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Pertahanan Australia Richard Marles dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, Austin mengatakan Washington akan memenuhi janjinya untuk memberikan kapal selam kepada sekutunya.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk memastikan bahwa Australia memperoleh kemampuan ini sedini mungkin,” katanya pada hari Rabu, seperti dikutip Reuters, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Dituduh Amerika Ingin Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir, Ini Reaksi China

Marles mengatakan ada rasa misi dan momentum bersama yang sangat besar di ketiga negara, mencatat bahwa AS jarang berbagi teknologi nuklir seperti itu, bahkan dengan sekutu dekat.

“Pentingnya langkah ini tidak boleh dilupakan orang—hanya ada satu kesempatan di mana suatu negara telah berbagi kemampuan itu dengan negara lain dan itu adalah Amerika Serikat dengan Inggris di masa lalu,” ujar Marles.

Menteri Pertahanan Inggris melanjutkan untuk menyatakan pertemuan AUKUS pertama sebagai "momen penting", menambahkan bahwa para pejabat juga membahas kemampuan lanjutan termasuk senjata hipersonik, intelijen bawah laut, serta pengawasan dan pengintaian.

Meskipun para pejabat pertahanan tidak menyebut Beijing dalam pernyataan terbaru mereka, ketiga negara tersebut telah berulang kali memperingatkan tentang dugaan ancaman yang ditimbulkan oleh China di kawasan Indo-Pasifik.

Sehari sebelum pertemuan AUKUS, Austin menuduh Beijing merusak perdamaian dan stabilitas regional, dan mengumumkan bahwa militer AS akan segera memperluas kehadirannya di Australia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China Kolonel Tan Kefei mengatakan pada hari Selasa bahwa blok AUKUS mempromosikan proliferasi nuklir di Indo-Pasifik melalui kesepakatan kapal selam bertenaga nuklir dengan Canberra, juga mengklaim Washington dengan giat mengembangkan dan berupaya menyebarkan senjata nuklir taktis.

Moskow sebelumnya menggemakan peringatan serupa tentang pakta keamanan tiga arah itu, di mana Menteri Pertahanan Sergey Shoigu mengatakan blok tersebut dapat meledakkan seluruh wilayah Asia-Pasifik. Dia menambahkan bahwa itu kemungkinan akan menjadi aliansi militer-politik.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2056 seconds (11.210#12.26)