Agama Warga Negara Jerman, Nomor 5 Sangat Mengejutkan

Kamis, 08 Desember 2022 - 05:45 WIB
loading...
Agama Warga Negara Jerman, Nomor 5 Sangat Mengejutkan
Seorang wanita berdoa di samping penghalang di dalam Katedral Cologne di Jerman, 15 Maret 2020, selama pandemi COVID-19. Foto/CNS/REUTERS/Thilo Schmuelgen
A A A
BERLIN - Jerman adalah negara di Eropa yang memiliki keragaman agama. Terdapat beberapa agama yang dianut oleh warga negara Jerman.

Mayoritas mereka memeluk agama Kristen, baik itu Katolik Roma, Protestan, maupun Ortodoks. Islam juga menjadi salah satu agama yang banyak pemeluknya di Jerman.

Selain itu, negara ini memiliki penduduk yang tidak berafiliasi ke agama mana pun. Dalam penelitian yang dilakukan lembaga riset YouGov, sebanyak 30% orang Jerman menggambarkan diri mereka religius, sementara 35% menyatakan sama sekali tidak religius.

Berikut agama warga negara Jerman dan persentasenya, berdasarkan data World Population Review.

1. Katolik Roma (29,9%)

Agama Katolik Roma dianut oleh sekitar 29,9% populasi Jerman. Jumlah pemeluk Katolik Roma tidak terlalu berbeda dengan penganut Protestan.

Ketika muncul gerakan Reformasi Protestan oleh Martin Luther, yang berkebangsaan Jerman, pada abad ke-16, terjadi perpecahan politik antara Katolik Roma dan Protestan.

Di Jerman, afiliasi atas dua agama tersebut dapat terlihat secara geografis. DI bagian selatan dan barat Jerman, masyarakat umumnya beragama Katolik.

Sedangkan di Jerman bagian utara dan timur, mayoritas masyarakat menganut Protestan.

2. Protestan (29,8%)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1521 seconds (10.101#12.26)