Parlemen Inggris Beri Sinyal Setujui Pengiriman Bantuan Militer ke Taiwan

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB
loading...
Parlemen Inggris Beri Sinyal Setujui Pengiriman Bantuan Militer ke Taiwan
Parlemen Inggris Beri Sinyal Setujui Pengiriman Bantuan Militer ke Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Ketua Komite Seleksi Pertahanan Parlemen Inggris , Tobias Ellwood mengatakan, ada banyak yang harus dieksplorasi dalam meningkatkan bantuan militer untuk Taiwan . Dia juga mengaku telah membahas program kapal selam saat mengunjungi Taipei minggu lalu.

Inggris, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan yang diperintah secara demokratis dan diklaim China. Namun, Inggris telah meningkatkan dukungannya untuk pulau itu dalam menghadapi ancaman militer yang meningkat dari Beijing, seperti halnya negara-negara Barat lainnya.



Saat ini, Amerika Serikat (AS) adalah sumber senjata asing terpenting Taiwan, sementara perusahaan Inggris telah membantu mengembangkan armada baru kapal selam buatan Taiwan.

Ditanya apakah Inggris harus membantu mendukung Taiwan secara militer, baik dengan senjata atau pembagian intelijen, Tobias Ellwood berkata: "Ya - sangat banyak".

Seperti dilaporkan Reuters, merujuk komentar Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak bulan lalu bahwa "era keemasan" hubungan dengan China telah berakhir, Ellwood menambahkan: "Ada banyak hal yang bisa dijelajahi di sini".

"Saya akan berusaha untuk membawa Komite saya kembali pada bulan Mei untuk melihat ini lebih detail," katanya menanggapi pertanyaan yang dikirim melalui email.



Ellwood, yang merupakan anggota parlemen senior dari Partai Konservatif yang berkuasa dan mantan menteri pertahanan, mengatakan dia juga telah membahas program kapal selam dalam negeri Taiwan dalam perjalanannya.

Selama di Taipei, Ellwood bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, Menteri Luar Negeri Joseph Wu, dan kepala Dewan Keamanan Nasional Taiwan Wellington Koo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)