Kremlin Ungkap Potensi Kunjungan Putin ke Donbass

Senin, 05 Desember 2022 - 21:07 WIB
loading...
Kremlin Ungkap Potensi Kunjungan Putin ke Donbass
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS/sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin akan berkunjung ke Donbass di masa depan, menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. Bekas wilayah Ukraina itu memilih bergabung dengan Rusia awal tahun ini.

“Itu akan terjadi pada waktunya, tentu saja. Ini adalah wilayah Federasi Rusia,” ungkap Peskov kepada wartawan pada Sabtu (3/12/2022).

Peskov menambahkan, Putin tidak memiliki "rencana konkret untuk saat ini" terkait kunjungan tersebut.

Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) yang didominasi warga berbahasa Rusia, memisahkan diri dari Ukraina tak lama setelah kudeta tahun 2014 di Kiev.

Baca juga: Politico: Pentagon Terancam Kehabisan Uang untuk Ukraina

DPR dan LPR, bersama dengan dua bekas wilayah Ukraina lainnya, bergabung dengan Rusia setelah penduduk memberikan suara yang sangat mendukung langkah tersebut pada akhir September.

Putin mengatakan, melindungi rakyat Donbass adalah salah satu tujuan utama operasi militer Rusia di Ukraina. Sejak konflik dimulai, dia juga menuduh militer Ukraina melakukan genosida terhadap penduduk setempat.

Pasukan Rusia dan tentara lokal mendorong pasukan Kiev keluar dari LPR pada awal Juli, meskipun pertempuran sengit di DPR terus berlanjut karena pejabat lokal melaporkan penembakan terus-menerus di wilayah sipil.

Tiga orang tewas dan lima luka-luka dalam serangan roket Ukraina di Donetsk pada Jumat, menurut otoritas DPR.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1450 seconds (10.55#12.26)