ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

Minggu, 04 Desember 2022 - 07:40 WIB
loading...
ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading
Setidaknya 17 ABK asal Indonesia selamat dari pembajakan kapal di perairan Pantai Gading. Foto/KBRI Dakar
A A A
DAKAR - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Dakar, Senegal, mengungkapkan setidaknya 17 anak buah kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) bersama dengan 2 ABK asal Korea Selatan (Korsel) berhasil diselamatkan dari pembajakan kapal tanker B-Ocean di perairan wilayah selatan Pantai Gading.

Dalam rilisnya, KBRI Dakar menyatakan menerima laporan dari Atase Pertahanan (Athan) KBRI Abuja yang wilayah kerjanya juga meliputi Senegal, bahwa kapal tanker B-Ocean yang berbendera Kepulauan Marshall hilang kontak di bagian selatan perairan Pantai Gading.

Melalui koordinasi erat dengan Kementerian Luar Negeri, Athan KBRI Abuja, KBRI Seoul, Konsulat Kehormatan (Konhor) di Abidjan dan PT Amas (agen ABK di Indonesia) diperoleh informasi bahwa kapal tanker B-Ocean yang dimiliki oleh Doorae Shipping Korsel, telah hilang kontak sejak 24 November 2022 akibat pembajakan.

Menurut KBRI Dakar para pembajak mengambil seluruh stok minyak kapal B-Ocean serta merusak hampir seluruh peralatan komunikasi yang membuat awak kapal sulit terhubung dengan otoritas di darat.

"Berkat upaya Organisasi Maritim Internasional (IMO) dan adanya Angkatan Laut Italia yang berada pada titik terakhir komunikasi kapal tanker B-Ocean dengan otoritas darat, maka pada 26 November 2022, Angkatan Laut Italia berhasil menemukan kapal tersebut," kata KBRI Dakar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/12/2022).

Baca: Aduh, Lebih dari 200 Pekerja Pemetik Buah Asal Indonesia Terlilit Utang di Inggris

Pada Minggu (27/11/2022), KBRI Dakar menerima informasi bahwa pihak pelabuhan di Abidjan telah mengirim kapal tug (penarik) untuk menarik Kapal B-Ocean ke pelabuhan Abidjan, Pantai Gading dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 hari.

Mendapatkan informasi ini, Dubes RI Dindin Wahyudin langsung menugaskan Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler ke Abidjan untuk bersama Konhor RI Abidjan menemui dan membantu para ABK Indonesia di Kapal B-Ocean.

Pada Jumat (2/12/2022), pukul 17.49 waktu setempat, kapal tanker B-Ocean memasuki pelabuhan Abidjan. Namun demikian, KBRI Dakar bersama Kedubes Korsel di Abidjan belum diberikan akses oleh pihak maritim dan Kementerian Perhubungan Pantai Gading untuk menemui para ABK.

"Berbagai alasan serta ketidakjelasan informasi yang diberikan oleh aparat keamanan setempat membuat sulit untuk bertemu langsung dengan para ABK," ungkap KBRI Dakar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1967 seconds (11.252#12.26)