Putin Dilaporkan Jatuh dari Tangga, Spekulasi Soal Kesehatannya Muncul Kembali

Minggu, 04 Desember 2022 - 07:25 WIB
loading...
Putin Dilaporkan Jatuh dari Tangga, Spekulasi Soal Kesehatannya Muncul Kembali
Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan jatuh dari tangga, spekulasi soal kesehatannya muncul kembali. Foto/New York Post
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan jatuh dari tangga yang kembali memicu spekulasi terkait kondisi kesehatannya. Kejadian itu dilaporkan oleh saluran anti-Kremlin yang tampaknya memiliki hubungan dengan tim keamanan Putin.

"Putin jatuh di kediaman resminya di Moskow pada Rabu malam," menurut saluran Telegram "General SVR," yang konon dioperasionalkan oleh mantan mata-mata Rusia seperti dikutip dari New York Post, Minggu (4/12/2022).

Pemimpin berusia 70 tahun itu diduga jatuh lima langkah sebelum mendarat pada tulang sulbi atau tulang ekornya.

Menurut saluran itu, meskipun penjaga keamanannya segera bergegas membantunya, dampak dari insiden itu menyebabkan Putin "buang air besar tanpa sengaja" karena "kanker yang mempengaruhi perut dan ususnya."

Insiden itu adalah ketakutan terbaru akan kondisi kesehatan Putin, yang dikabarkan menderita kanker yang memburuk dan penyakit Parkinson di tengah perang yang sedang berlangsung dengan Ukraina.

"Tiga pengawal membantu presiden sampai ke sofa terdekat dan memanggil petugas medis yang bertugas di kediaman," kata General SVR.



“Tidak ada yang kritis (didiagnosis), kondisi presiden mendekati malam hari stabil, dia bisa berkeliling sendiri, dengan rasa sakit di daerah tulang ekor saat duduk menjadi satu-satunya hal yang mengganggunya,” sambung saluran itu.

Postingan tersebut mencatat bahwa penyelidikan khusus sedang dilakukan untuk menentukan penyebab jatuhnya presiden Rusia itu.

Pemimpin Rusia yang terkenal paranoid itu dilaporkan memakai sepatu anti selip, dan tangga di kediaman resmi dianggap aman.

“Ternyata, semua tindakan pencegahan bisa sia-sia saat saraf tertembak,” tutup postingan tersebut.

Putin tampaknya dapat mengatasi cederanya, dan kurang dari satu hari kemudian dia digambarkan sedang mengunjungi laboratorium di Moskow.



Desas-desus tentang dugaan kondisi kesehatan Putin telah merajalela sejak perang dengan Ukraina dimulai pada Februari lalu. Dalam beberapa kesempatan, mantan orang kuat KGB itu terlihat lemah dan goyah saat tampil di depan umum.

Pada akhir Oktober, jurnalis Kyiv Post Jason Jay Smart men-tweet tangkapan layar dari Putin yang menyapa tentara di sebuah kamp pelatihan di wilayah Ryazan, memicu spekulasi bahwa presiden memiliki jalur infus di tangannya.

Beberapa minggu sebelumnya, General SVR menyebut sikap Putin yang tampak bergoyang selama pertemuan dengan pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko.

"Onkologi Putin sedang berkembang dan, meskipun pengobatan yang memadai akhir-akhir ini, rasa sakitnya tidak selalu hilang sepenuhnya," klaim saluran tersebut.

“Harus dipahami bahwa kondisi kesehatan fisik dan mental presiden yang menyedihkan memengaruhi pengambilan keputusan penting. Putin tidak ingin mengubah sejarah, dia ingin mengakhirinya,” kata saluran itu.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)