Cerita Kudeta Ala Mafia oleh MBS: Ancaman Pemerkosaan hingga Todong Senjata

Jum'at, 02 Desember 2022 - 15:07 WIB
loading...
Cerita Kudeta Ala Mafia oleh MBS: Ancaman Pemerkosaan hingga Todong Senjata
Pangeran Mohammed bin Salman cium tangan Pangeran Mohammed bin Nayef setelah penyerahan status putra mahkota Arab Saudi 2017 silam. Foto/YouTube/Saudi News Channel
A A A
RIYADH - Mantan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Nayef (MBN) diberitahu bahwa anggota keluarga perempuannya akan diperkosa jika dia menolak memberi jalan bagi saingannya; Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) selama kudeta istana yang terkenal tahun 2017.

Cerita kudeta itu diungkap dalam laporan panjang The Guardian yang menggambarkannya sebagai kudeta ala mafia dengan sebutan "The Godfather, Saudi style". Laporan itu diterbitkan 29 November 2022.

Dalam langkah yang mengejutkan pada saat itu, Raja Salman mempromosikan MBS sebagai pewaris takhta Saudi setelah dugaan perebutan kekuasaan antara MBS dan MBN—yang keduanya adalah saudara sepupu.

Sejak itu, Nayef dilaporkan telah menghabiskan berbagai masa penahanan dan tahanan rumah. Laporan menunjukkan bahwa lebih dari lima tahun setelah MBS melakukan kudeta, Nayef masih ditahan, meskipun tidak jelas di mana tepatnya.



Sekarang, klaim baru telah muncul tentang dugaan perlakuan terhadp Nayef di tangan rezim Saudi, di mana sumber yang dekat dengan sang pangeran mengatakan dia diberitahu jika dia tidak menyerahkan klaimnya atas takhta, anggota keluarga perempuannya akan diperkosa—dan bahwa dia dirantai di pergelangan kaki saat ditahan di sel isolasi.

Klaim tersebut menambah kekhawatiran tentang MBS, yang sejak itu mengambil langkah-langkah untuk mengonsolidasikan kekuasaannya sebagai penguasa de-facto yang kejam dari negara kaya minyak.

Informasi tentang Keluarga Kerajaan Saudi dijaga ketat oleh negara otokratis, tetapi kisah kudeta tahun 2017 dan klaim tentang penahanan Nayef selanjutnya kini tersebar luas di domain publik.

Nayef, sekutu dekat dinas intelijen AS, terpaksa mundur sebagai Putra Mahkota Saudi pada 20 Juni 2017.

Hari itu, menurut laporan The Guardian, Nayef dipanggil ke sebuah pertemuan di istana Raja Salman yang luas di Makkah. Anggota keamanannya diperintahkan untuk menunggu di luar, dan semua ponsel disita untuk "alasan keamanan".

Pangeran Nayef diantar ke sebuah ruangan, di mana dia ditahan selama berjam-jam oleh Turki al-Sheikh--sekutu dekat MBS--yang bekerja untuk menekan Nayef agar menandatangani surat pengunduran diri dan berjanji setia kepada sepupunya.

Dia awalnya menolak, tetapi tunduk pada tekanan setelah ancaman dibuat terhadap keluarganya. Salah satu ancaman, kata seorang sumber kepada The Guardian, adalah anggota keluarganya yang perempuan akan diperkosa.

Menurut laporan tersebut, obatnya untuk hipertensi dan diabetes juga ditahan, dan dia diberitahu bahwa dia akan segera dirawat di rumah sakit jika dia tidak mau bekerja sama.

Keesokan paginya, dia menyerah pada tekanan. Dia disuruh masuk ke ruangan lain, tempat MBS menunggu dengan kamera televisi--dan seorang penjaga bersenjata. Cuplikan, berdurasi hampir 20 detik dan dirilis oleh penyiar Saudi, memberikan gambaran singkat tentang pertemuan tersebut.

Tampak MBS dengan antusias mencium tangan Nayef. Sheikh menempatkan jubah berlapis emas di atas bahu Nayef. Dalam sebuah teks kepada penasihatnya Saad Aljabri, menurut The Guardian, Nayef berkata: "Ketika saya berjanji setia, ada senjata di punggung saya."

Menyusul kudeta, Arab Saudi mengeklaim Nayef telah digulingkan karena kecanduan morfin dan kokain—tetapi itu terjadi setelah berbulan-bulan perasaan tidak enak antara sepupu, dan perencanaan yang cermat oleh MBS.

Mantan Putra Mahkota ditempatkan di bawah tahanan rumah, dan dia mengatakan kepada penasihatnya; Aljabri—yang sedang berada di luar negeri pada saat itu--untuk tidak kembali ke Saudi. Aljabri melarikan diri ke Kanada, di mana dia menjadi sasaran dugaan rencana pembunuhan oleh "Pasukan Harimau" Arab Saudi—yang ditolak masuk di perbatasan Kanada.

Kemudian pada tahun 2017, kondisi tahanan rumahnya dilonggarkan, namun Nayef tetap dilarang keluar negeri.

Pada 2018 dan 2019, dia diberi kebebasan relatif. Dia diizinkan pergi berburu di pedesaan, dan tampil di pernikahan kerajaan dan pemakaman.

Namun pada Maret 2020, peruntungan Nayef berbalik lagi. Para pejabat menggerebeknya di dekat Riyadh. Dia kemudian ditahan bersama dengan beberapa stafnya.

Penjaga melaporkan bahwa dia ditempatkan di sel isolasi, dan-- menurut sumber yang berbasis di Eropa--"dianiaya secara serius".

Sumber itu melaporkan bahwa Nayef dirantai di pergelangan kakinya dan disiksa--menyebabkan "kerusakan jangka panjang pada kaki bagian bawah dan pergelangan kakinya".

Sekarang menyakitkan baginya untuk berbicara, dan berat badannya turun dalam jumlah yang signifikan.

Sumber yang sama mengatakan kepada The Guardian bahwa menjelang akhir tahun 2020, Nayef dipindahkan lagi—kali ini ke kompleks istana Yamamah di Riyadh—kediaman resmi Raja Salman. Nayef diawasi setiap saat oleh CCTV, dan tidak diperbolehkan meninggalkan unit kecil di dalam gedung.

Pada 2021, para bankir dan pengacara Nayef di Eropa dilaporkan telah menerima permintaan pengiriman uang. Sementara asetnya di negara asalnya disita, Nayef diyakini memiliki properti bernilai miliaran poundsterling di luar negeri.

Para bankir dan pengacara mengabaikan dan menolak permintaan tersebut, percaya Nayef telah ditempatkan di bawah tekanan untuk melakukannya.

Para bankir di Swiss mengatakan mereka hanya akan menyetujui permintaan tersebut jika dia mengajukannya secara langsung.

Sumber itu mengatakan kepada The Guardian: "Alasan utama Nayef ditahan adalah karena putra mahkota salah percaya bahwa dia adalah ancaman bagi suksesi. Selain mengejar uangnya, MBS berusaha mempermalukan Nayef sehingga sama sekali tidak ada ancaman siapa pun yang melihat mantan putra mahkota sebagai alternatif yang layak."

Diyakini bahwa Nayef dan Pangeran Ahmed bin Abdulaziz—bangsawan senior lainnya yang dianggap sebagai calon penantang MBS--masih ditahan hingga hari ini. Lokasi persisnya sampai hari ini tidak diketahui.

Nayef membantah berkomplot melawan Putra Mahkota MBS, dan tim pengacaranya mengatakan pada tahun 2020 bahwa mereka "khawatir" akan keselamatannya.

Sementara itu, MBS telah berusaha untuk menghapus citranya setelah pembunuhan Jamal Khashoggi tahun 2018, yang dibunuh oleh regu pembunuh Saudi di dalam konsulat Saudi di Istanbul, dan perang yang dipimpin Saudi yang merusak di Yaman.

Putra Mahkota MBS telah mengambil beberapa langkah untuk membuat Arab Saudi tampak lebih liberal di dunia luar, seperti memberikan hak mengemudi kepada perempuan.

Namun perlakuan terhadap sepupunya lebih sejalan dengan dugaan keterlibatannya dalam pembunuhan brutal Khashoggi. Sekarang, tanpa penantang takhta yang jelas dan Barat yang membutuhkan minyak Arab Saudi, kekuatan MBS tampak mutlak.

Kedutaan Saudi di London belum berkomentar atas laporan panjang media Inggris tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)