NATO Kerahkan 5 Kapal Induk saat Perang Rusia-Ukraina Berkecamuk

Senin, 21 November 2022 - 09:11 WIB
loading...
NATO Kerahkan 5 Kapal Induk saat Perang Rusia-Ukraina Berkecamuk
Lima kapal induk milik negara-negara NATO telah dikerahkan untuk latihan tempur sepanjang November ini ketika perang Rusia-Ukraina terus berkecamuk. Foto/nato.int
A A A
KIEV - Lima kapal induk , sebagian besar bertenaga nuklir, milik negara-negara NATO telah dikerahkan untuk latihan tempur sepanjang November ketika perang Rusia dan Ukraina terus berkecamuk.

Mengutip laman resmi NATO, Senin (21/11/2022), manuver besar-besaran tersebut telah berlangsung di Atlantik dan Laut Mediterania.

Manuver yang melibatkan banyak kapal perang dan ribuan pelaut tersebut mencakup latihan perang anti-kapal selam dan udara, transfer pesawat dek-ke-dek dan pasokan ulang di laut.

Baca juga: Kepala Pentagon: Rusia Miliki Senjata Mengesankan, tapi....

Lima kapal induk tersebut adalah USS George H.W. Bush dan USS Gerald R. Ford milik Amerika Serikat, HMS Queen Elizabeth milik Inggris, Charles De Gaulle milik Prancis, dan ITS Cavour milik Italia.

Di Atlantik Utara, USS Gerald R. Ford—kapal induk bertenaga nuklir terbaru dan terbesar di dunia—telah tiba di Inggris setelah latihan berminggu-minggu bersama kapal perang dari Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Sedangkan HMS Queen Elizabeth meninggalkan Portsmouth sejak 10 November untuk latihan dengan jet tempur siluman F-35 di Atlantik Utara.

Di Mediterania, Charles De Gaulle dikawal oleh kapal-kapal Yunani, AS, dan Italia meninggalkan Toulon sejak 15 November untuk latihan dan patroli pencegahan di sayap timur NATO dan operasi kontra-terorisme di Timur Tengah.

Juga di wilayah tersebut ITS Cavour dan USS George H. W. Bush melakukan latihan perang.

Dalam beberapa minggu terakhir, jet-jet tempur dari USS George H. W. Bush telah menerbangkan patroli pencegahan di Lituania dan Polandia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2513 seconds (10.177#12.26)