China Mengaku Terbuka untuk Bertemu Menteri Pertahanan AS

Minggu, 20 November 2022 - 20:20 WIB
loading...
China Mengaku Terbuka untuk Bertemu Menteri Pertahanan AS
Ilustrasi
A A A
BEIJING - China mengatakan pada Minggu (20/11/2022), bahwa pihaknya terbuka untuk pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) di sela-sela forum keamanan regional di Kamboja, minggu ini. Ini merupakan tanda mencairnya hubungan kedua negara, setelah para pemimpin tinggi negara itu bertemu awal bulan ini.

Seperti dilaporkan Reuters, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd sebelumnya mengkonfirmasi secara terpisah bahwa mereka akan menghadiri forum dengan negara-negara Asia Tenggara, ASEAN Defense Ministers' Meeting-Plus.



Pada hari Minggu, Kementerian Pertahanan China mengeluarkan pernyataan yang menampilkan pertanyaan tentang apakah keduanya akan bertemu. "China memegang sikap proaktif dan terbuka untuk pertukaran dengan Amerika Serikat," kata juru bicara Kementerian Pertahanan China, Tan Kefei.

Dia juga mengatakan, kedua belah pihak sedang berkoordinasi mengenai "pertukaran" di forum, yang akan berlangsung pada hari Rabu.

Sebuah pertemuan akan mewakili pertukaran militer tingkat tinggi pertama antara negara-negara sejak China menghentikan dialog reguler antara komandan militer pada Agustus sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai provinsi yang membangkang.



Di Indonesia pekan lalu, di sela-sela KTT Kelompok 20, Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka sejak yang terakhir menjabat pada awal 2021.

Hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir di tengah isu-isu seperti perdagangan, hak asasi manusia dan Taiwan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)