Terima 3 Lagi, Israel Makin Digdaya dengan 36 Jet Tempur Siluman F-35

Selasa, 15 November 2022 - 11:52 WIB
loading...
Terima 3 Lagi, Israel Makin Digdaya dengan 36 Jet Tempur Siluman F-35
Israel menerima lagi tiga unit jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin AS, menjadikannya semakin digdaya dengan total mengoperasikan 36 unit jet tempur canggih tersebut. Foto/Twitter @IAFsite
A A A
TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan telah menerima lagi tiga unit jet tempur siluman F-35 dari Lockheed Martin Amerika Serikat (AS). Pasokan baru ini membuat rezim Zionis semakin digdaya karena sekarang mengoperasikan 36 jet tempur generasi kelima tersebut.

Di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya, Israel menjadi satu-satunya negara yang memiliki jet tempur F-35 dan bahkan telah menggunakannya dalam operasi tempur.

Uni Emirat Arab memang telah disetujui Washington untuk membeli pesawat tempur serupa, hanya saja proses penerimaan masih memakan waktu bertahun-tahun.

Baca juga: Jet Tempur Siluman F-35 Israel Bombardir Konvoi Rudal Iran di Suriah, 18 Tewas

Turki, yang semula bagian dari program konsorsium bersama F-35, dikeluarkan oleh Amerika Serikat setelah nekat membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Tiga unit pesawat tempur terbaru diterima IDF pada 13 November. Mereka akan bergabung dengan Skuadron ke-140 “The Golden Eagle” Angkatan Udara Israel (IAF).

Mengutip EurAsian Times, Selasa (15/11/2022), F-35 akan dioperasikan oleh Israel dalam tiga skuadron, dengan total 75 pesawat, dan kemungkinan berubah menjadi empat skuadron di masa depan.

Ke-36 pesawat generasi kelima di armada IAF, termasuk F-35 yang sudah dimodifikasi yang digunakan untuk pengujian penerbangan, berbasis di Pangkalan Udara Tel Nof, selatan Tel Aviv.

Pada Oktober 2010, Israel menandatangani Letter of Agreement (LOA) untuk mengakuisisi pesawat tempur canggih dan mahal tersebut.

Hal ini menjadikan Israel sebagai pemerintah pertama di dunia yang memilih F-35 sebagai bagian dari Foreign Military Sale (FMS) dengan administrasi AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3519 seconds (11.97#12.26)